Merawat Mudah dan Murah

Periksa kondisi bagian-bagian penting mobil
Ganesha Aditama

Data kecelakaan di dunia menyatakan, 5% kecelakaan fatal di jalan raya yang menimpa kendaraan diakibatkan kurang baiknya perawatan mobil. Padahal, merawat mobil agar kondisinya tetap prima begitu mudah dan murah. Bahkan lewat perawatan rutin usia mobil akan semakin panjang, berkendara menjadi aman, dan memperkecil tingkat emisi.

1. Perhatikan arahan perawatan yang tertera pada buku manual kendaraan. Namun setidaknya gantilah saringan oli setiap menempuh kelipatan jarak 5.000 km.

2. Periksa kondisi seluruh perminyakan, termasuk minyak rem, power steering, dan transmisi. Kondisi minyak berpengaruh terhadap keselamatan dan performa mobil.

3. Periksa tekanan angin. Ban yang kekurangan angin akan membuat boros konsumsi bahan bakar dan mengurangi usia pemakaian ban. Kondisi ban yang buruk bisa berakibat fatal. Karena itu, lakukan pengecekan minimal satu bulan sekali.

4. Pastikan kondisi sistem pengapian. Kondisi busi yang prima atau penginjeksi bahan bakar yang sempurna bisa memotong konsumsi bahan bakar 30%.

5. Periksa kondisi suspensi. Bila ditemukan banyak lelehan minyak, artinya terdapat kerusakan serius. Segera ganti dengan yang baru. Menyuntikkan minyak pengganti tidak akan menyelesaikan masalah.

6. Periksa kondisi kabel-kabel accu berikut terminalnya. Bila terdapat korosi segera bersihkan. Jangan lupa memeriksa ketinggian air accu (kecuali accu bebas perawatan ( maintenance-free batteries).

7. Periksa intensitas pencahayaan seluruh lampu, termasuk lampu utama, sign, dan rem.

8. Periksa kondisi karet penyeka jendela depan, lubang dan tabung penyemprot air untuk jendela depan. Bersihkan tabung penyemprot air bila terdapat endapan kotoran di dalamnya. Isi kembali dengan air bersih.

9. Inspeksi engine belts secara berkala. Periksa apakah terdapat retakan dan kerusakan pada beberapa bagiannya. Kondisi engine belts sangat berpengaruh pada performa mobil.

10. Periksa saringan udara secara berkala. Setidaknya dilakukan berbarengan dengan waktu penggantian oli mesin. Baik tidaknya saringan udara berpengaruh pada hasil kompresi mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.