Merawat Mobil CBU

Rawat kendaraan kesayangan Anda agar terbebas dari kerusakan dan gangguan

Kendaraan jenis CBU memang dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih mengingat harganya juga mahal. Supaya kendaraan kesayangan Anda terbebas dari kerusakan dan gangguan maka Anda harus rajin melakukan perawatan. Apa saja yang perlu Anda perhatikan ?

* Perhatikan saat membeli bahan bakar. Pastikan Anda membelinya di SPBU yang menjual bahan bakar yang bersih dan berkualitas. Hindari pemakaian bahan bakar yang dioplos untuk menjaga kebersihan tangki bahan bakar.

* Jangan membiarkan kendaraan terlalu lama di garasi tanpa melakukan pemanasan. Jika Anda tidak menggunakannya untuk transportasi operasional sehari-hari, usahakan minimal seminggu sekali mesin dihidupkan beberapa saat dan bawalah jalan 1 hingga 2 kilometer. Tujuannya untuk menghindari endapan resin hasil pertemuan bahan bakar dan udara lembab yang menggerogoti komponen-komponen mesin.

* Bersihkan kotoran kerak/deposit dengan memberikan cairan carbon cleaner untuk ruang bakar. Begitu pula bersihkan penyemprot BBM secara rutin minimal setiap 15.000 km. Namun di bengkel-bengkel perawatan ada juga paket pembersih lengkap untuk membersihkan tangki, saluran bahan bakar, injector dan ruang bakar.

* Ada baiknya memberi cairan additive yaitu semacam formula tambahan untuk menetralisir asam, menarik air, melarutkan sulfur dan meningkatkan nilai oktan. Tujuannya untuk menjaga kebersihan bahan bakar, system bahan bakar dan menjaga tenaga yang dihasilkan.

* Lakukan pengecekan kadar emisi gas buang secara rutin terutama jika ada kelainan pada mobil Anda. Jangan lupa untuk mengecek converter katalitik yang terpasang di knalpot sebab sebagian mobil CBU menggunakan sensor pada converter katalitik-nya yang terhubung ke mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.