Merancang Ruang Keluarga di Dalam Mobil

Untuk menjadikan ruangan mobil menjadi ruang keluarga terbilang gampang-gampang susah. Apalagi ruang yang terbatas dan keberadaan jok mobil yang bisa menghalangi aliran suara yang keluar dari speaker, merupakan persoalan tersendiri.

Hal itu masih ditambah dengan gangguan yang datang dari raungan mesin mobil dan suara deru angin, khususnya saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi. Dan, saat mobil terjebak di tengah-tengah kemacetan lalu lintas, suara raungan mesin kendaraan lain tidak jarang menerobos masuk. Mencermati produk yang ditawarkan para instalator in car entertainment (ICE), bisa jadi awam menjadi kebingungan. Bila ingin membangun sistem ICE dalam mobil, seperti salah satu anjuran situs mobilku.com, harus diawali dengan menentukan skenario sistem audio yang ingin dibangun. Cukup berupa instalasi sederhana atau yang terbilang kelas atas. “Faktor interior mobil menjadi perhitungan berikutnya. Ini menyangkut hasil akhir yang akan diperoleh,” ujar Tono, instalator Harmoni Car Audio di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat.

Saat ini, beragam produk dan sistem baru diperkenalkan oleh para pebisnis audio di Indonesia. Harganya saling bersaing. Untuk memilih piranti yang pas dan sesuai dengan mobil yang kita miliki, maka pengaturan sistem audio-visual perlu diatur sedemikian rupa untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

* Mobil setidaknya sudah memiliki alat peredam suara. Pada mobil-mobil papan atas dan menengah jenis Sport Utility Vehicle (SUV) atau Middle Performance VehicleMPV) yang memiliki peredam suara yang baik, maka gangguan suara mesin dan deru angin tidak menembus ke ruang dalam mobil. Dengan demikian, instalator tidak perlu melakukan pekerjaan ekstra untuk mencapai kesenyapan di ruang dalam mobil.

Sedangkan pada mobil-mobil papan bawah, terutama kelas mobil niaga, gangguan suara mesin dan deru angin menjadi persoalan tersendiri. Apalagi yang menggunakan mesin diesel. Alunan suara yang keluar dari speaker bersaing keras dengan raungan mesin diesel yang menembus ke ruang dalam mobil. Dalam kasus seperti itu, proses peredaman suara menjadi hal yang mutlak. Bagi mobil yang sudah dirancang dengan peredam suara, maka saat ini tahap pemindahan ruang keluarga ke dalam mobil bisa dilakukan.

* Penempatan komponen yang tepat.
Membangun sistem tata suara yang sempurna di dalam mobil lebih dari sekadar menggabungkan komponen. Komponen memegang peranan yang sangat penting, khususnya speaker. Penempatan speaker yang kurang tepat, mengakibatkan kualitas sistem tata suara yang terbaik sulit dicapai. Apalagi di dalam mobil, penikmat sistem tata suara tidak duduk di tengah-tengah ruangan, sehingga sulit menemukan titik ideal. Yang dimaksud dengan titik ideal antara suara yang dikeluarkan melalui speaker dan yang diterima telinga terdengar sama kerasnya.

* Pengaturan tempat duduk yang ideal.
Aturlah beberapa komponen car visual seefisien dan seefektif mungkin agar saat menikmati hiburan bisa lebih menyenangkan.

* Pengaturan ruangan yang tepat.
Ruangan yang akan didesain tentu harus digunakan yang lebih luas. Hal ini untuk memudahkan penumpang bergerak bebas saat melakukan perjalanan jauh. Penempatan boks-boks besar untuk speaker dan subwoofer di dalam mobil, atau mengubah tata ruang mobil, sebaiknya tidak dilakukan. Kecuali kalau memang tujuan pemasangan sistem tata suara untuk SPL (sound pressure level), atau untuk diikutsertakan dalam perlombaan.

* Merancang sambungan kabel secara baik.
Menyambung kabel antara komponen yang satu dengan kabel yang lain hendaknya berhati-hati. Sebab, salah dalam memyambung menyebabkan korsleting dan kebakaran. Karenanya harus diatur serapi mungkin untuk menghindari hal-hal yang berbahaya.

* Pilih instalator yang murah namun berkualitas baik.
Waspada dan berhati-hatilah dalam memilih instalator. Pilihlah instalator yang menawarkan biaya rendah tetapi memiliki kualitas yang baik. Di kawasan Pasar mobil Kebayoran banyak menawarkan jasa pemasangan in car entertainment atau car-audio- dengan harga yang terjangkau.
( sya/berbagai sumber )

Leave a Reply

Your email address will not be published.