Mengenal Sistem Audio Baku

Rangkaian sarana hiburan dalam mobil boleh demikian hebatnya. Namun, sebetulnya sistem in-car entertainment (ICE) merupakan penerapan teknologi canggih pada sistem audio yang baku. Sistem audio baku itu sebatas terdiri dari tiga bagian utama.

Seperti dituliskan situs caraudiodiscount.com, sistem audio baku adalah rangkaian head unit, apmlifier, dan sejumlah speaker. Dalam instalasi sistem ICE sejumlah peranti berteknologi tinggi yang dikenakan, bagai sebuah penambah tenaga dan daya semata, hingga fasilitas sarana hiburan itu dapat terjelma. Inilah tiga bagian utama sistem audio baku beserta sejumlah istilah yang perlu diketahui.

Head-units
Merupakan sebutan populer untuk perangkat utama audio yang bisa saja berupa gabungan dari DVD player, radio, perlengkapan komunikasi, dan fungsi lainnya. Pendeknya sistem ICE tak bakal berjalan bila tak memiliki peranti ini.

Pada head unit ini pula biasanya sejumlah fungsi dapat diperintahkan untuk bekerja. Mulai dari mengaktifkan fungsi audio-visual, menyimpan memori, hingga mengatur alur suara, dikendalikan dari piranti ini. Gampangnya, head unit adalah otak dari sistem audio yang biasanya terletak di dasbor.

Dalam head unit umumnya terdapat fasilitas auto blank skip (pencari gelombang, trek CD, atau program lainnya), automatic volume control (panel volume), autostore the radio (penyimpan frekwensi radio), balance control (kontrol keseimbangan volume), dan lainnya.

Amplifiers
Merupakan peranti yang berfungsi sebagai jembatan antara head unit dengan fungsi lainnya, khususnya speaker. Amplifier bertugas mengombinasikan sejumlah tugas yang ada. Pada bagian ini, bisa saja ditambahkan crossover. Lagi-lagi inilah penambahan peranti hingga sistem audio dapat menghasilkan sesuatu yang lebih.

Sinyal suara, frekwensi gelombang, pembagian channel, hingga penyebaran suara dilakukan oleh piranti ini. Tanpa amplifier, tak mungking didapat sistem audio yang memadai. Sumber suara yang berasal dari head unit misalnya, bisa saja keluar pada speaker. Namun, tanpa amplifier, hasilnya akan berupa suara standar. Dengan peran amplifier pula rangkaian ICE dapat terjelma.

Speaker
Sama seperti maknanya, sebagai pengeras suara. Namun, dalam sistem audio, terdapat sejumlah jenis speaker yang terangkai hingga menghasilkan suara berkualitas atas. Seperti hendak mewakili suara yang dihasilkan, speaker juga terdiri dari jenis midrange speaker, tweeter, dan subwoofer. Yang terakhir ini berguna sebagai pengeras suara bas dan diameternya mulai delapan sampai 18 inchi.
( bid )

Leave a Reply

Your email address will not be published.