Mencuci Saringan Udara

Anda bisa gunakan shampo yang biasanya anda gunakan untuk mencuci rambut.

Saringan udara yang terdapat pada mesin kendaraan anda berfungsi untuk menyaring kotoran dan debu dari udara , sehingga memberi kesempatan udara masuk lebih banyak ke ruang bakar. Terhambatnya udara akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan memboroskan bahan bakar. Karena berfungsi sebagai penyaring, tentu saja saringan udara ini harus bersih dari kotoran. Untuk itu saringan udara harus selalu dicuci dengan pembersih khusus.

Tapi dengan kondisi perekonomian yang naik turun, menyebabkan pembersih, yang biasanya merek luar menjadi melonjak harganya. Bagaimana kebersihan saringan udara terjaga dengan biaya yang hemat. Anda bisa gunakan shampo yang biasanya anda gunakan untuk mencuci rambut. Caranya :

1. Siapkan alat yang akan digunakan seperti shampo yang tidak mengandung detergen dan conditioner, tabung penyemprot yang sudah diisi air, dan kuas.

2. Campurkan air dalam tabung penyemprot dengan shampo secukupnya.

3. Siramlah saringan udara dengan air, sambil membersihkan kotoran bagian luar dengan kuas. Lalu semprotkan campuran air dan shampo pada saringan, kemudian diamkan beberapa saat.

4. Bersihkan kotoran yang melekat dengan kuas. Setelah itu, bilaslah saringan dengan air yang dialirkan
dari arah dalam ke luar.

5. Ulangi beberapa kali sampai benar-benar bersih dari kotoran yang menempel.

6. Setelah yakin bersih, keringkan dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh dan bertekanan udara rendah. Ingat ! jangan dijemur di bawah sinar matahari, saringan udara dari bahan kain kasa ini akan berubah ukuran.

7. Sebelum dipasang kembali, basahi saringan dengan oli.

Leave a Reply

Your email address will not be published.