Mencuci Saringan Udara

Ibarat lubang hidung yang memiliki bulu-bulu halus untuk menyaring udara yang masuk, mesin mobil pun memiliki saringan udara (air filter). Fungsinya sama, yaitu menyaring agar kotoran dan debu dari udara tidak masuk atau terisap. Hanya, keberadaan saringan udara pada mobil lebih ditujukan untuk memberi kesempatan agar udara yang masuk dapat lebih banyak sampai ke ruang bakar.

Dalam kerja mesin, udara berperan penting, yakni dalam pembakaran bahan bakar. Semakin maksimal campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, pembakaran akan lebih sempurna. Sebaliknya, pembakaran yang tidak sempurna akan memboroskan bahan bakar.

Karena itu, sebagai penyaring, air filter harus senantiasa dijaga kebersihannya alias bebas dari kotoran. Tetapi karena fungsinya sebagai penyaring kotoran, tidak heran jika air filter mudah sekali kotor dan tersumbat. Untuk menjaga kebersihannya, Anda dituntut untuk rajin mencuci dan memberinya pembersih khusus.

Namun, menjaga pembakaran tetap bagus bukan berarti sering-sering mengganti saringan udara. Faktor harga jelas menjadi kendala yang perlu diperhitungkan. Untuk itu, tip berikut ini akan membantu Anda bagaimana membersihkan air filter dengan cara yang hemat dan murah.

Pertama, Anda harus menyiapkan sampo rambut yang tidak mengandung deterjen dan conditioner, tabung penyemprot yang sudah diisi air, serta kuas. Selanjutnya campurkan air yang ada di dalam tabung penyemprot itu dengan sampo secukupnya.

Langkah kedua, siramlah saringan udara dengan air. Anda juga dapat sekaligus membersihkan kotoran bagian luar dengan kuas. Setelah itu, semprotkan campuran air dan sampo pada saringan kemudian diamkan beberapa saat. Ketiga, bersihkan kotoran yang melekat dengan kuas. Selanjutnya, bilaslah saringan dengan air yang dialirkan dari arah dalam ke bagian luar. Ulangi langkah ini beberapa kali sehingga saringan benar-benar bersih dari kotoran yang menempel.

Langkah terakhir, setelah Anda merasa yakin kalau saringan telah benar-benar bersih, keringkanlah dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh dan bertekanan udara rendah. Harus diingat, jangan sekali-sekali Anda menjemur saringan di bawah sinar matahari karena hal itu bisa mengubah ukuran air filter terutama yang berbahan kain kasa. Perlu diingat pula, sebelum air filter dipasang kembali, basahi terlebih dahulu dengan oli untuk memudahkan pemasangan. (L-11)

Leave a Reply

Your email address will not be published.