Mencegah AC Tersendat

Berkendara akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (Air Conditioning/AC) bekerja dengan baik. Bila AC ngadat atau tak dingin, maka keadaan bisa menjadi serba tidak nyaman. Seperti ditulis oto.co.id, gangguan pada penyejuk udara ini, biasanya lantaran saluran pembuangan evaporator tersumbat. Sekurangnya ada beberapa penyebab saluran itu tersumbat.

Pertama, slang karet terhimpit atau melintir, sehingga air pembuangan akan berbalik naik. Dan ketika slang tersebut penuh, maka air akan meluap dan slang terlepas dari outlet meski telah dilengkapi klem. Kedua, akibat tersumpal (tertutup) kotoran. Slang pembuangan bisa tersumpal oleh lumpur karena ujung slang ini berada di kolong mobil. Dan ketiga, slang terlepas dari pipa outlet evaporator. Untuk mengatasi apabila AC Mobil mengalami gangguan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Siapkan obeng kembang (+), lalu buka garnish penutup pilar utama kanan dan kiri, tanpa alat bantu.
2. Bukalah penutup kanan dan kiri dengan menggunakan obeng. Lalu lepas penutup sakelar AC dengan membuka dua buah sekrup. Setelah itu, lepaslah delapan sekrup pemegang dan empat penutup saluran masuk dan pembuangan blower.
3. Buka 13 sekrup tutup blower bagian bawah, dan lakukanlah dengan teliti. Untuk membukanya, hendaknya tidak dipaksakan, karena dapat merusak komponen lain.
4. Periksa dan bersihkanlah penutupnya dengan menggunakan lap kering. Perhatikan dan amati slang yang terjepit, melintir atau lepas, lalu betulkan.
5. Pastikan bahwa kompresor ujung slang bersih dari segala kotoran. Sebab, sedikit saja terdapat kotoran yang menempel pada ujung slang, akan mempengaruhi suhu pendinginnya.
6. Dan rangkai kembali semua komponen dengan hati-hati dan teliti.

Semoga tips ini, bisa mengatasi terjadinya penyumbatan yang terjadi pada AC (penyejuk udara) mobil Anda.
( sya )

Leave a Reply

Your email address will not be published.