Memulihkan Kondisi Mesin yang Aus

Pemakaian kendaraan selama periode tertentu akan menimbulkan keausan di komponen mesin, seperti di piston maupun di silinder. Akibatnya kompresi berkurang, mesin tidak bertenaga, suara mesin menjadi kasar, tarikan berat, dan berasap (ngebul).

Pada umumnya, untuk perawatan kendaraan, pemilik kendaraan hanya menyerahkan kepada bengkel/mekanik yang hanya membersihkan, menyetel ulang ataupun mengganti suku cadang (servis ringan). Tetapi treatment atau perawatan yang utama terhadap mesin belum dilakukan karena membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang lama.

Kini, hadir sebuah produk dari Korea Selatan, Nano Energizer, berteknologi nano ceramic, yang mampu melapisi (coating) bagian-bagian mesin yang telah aus.

“Dengan produk Nano Energizer ini, akan mampu menjaga mesin dari gesekan (friction) dan sekaligus memulihkan akibat gesekan di dalam mesin kendaraan,” kata Product Manager PT Unimax Power selaku distributor tunggal Nano Energizer, Anton, dalam rilisnya kepada okezone, Rabu (21/1/2009).

Nano Energizer cukup diisi tiap 30.000 km. Cara pemakaiannya sangat mudah. Panaskan mesin, lalu kocok Nano Energizer terlebih dahulu sebelum dituangkan, dan langsung dicampurkan dengan oli mesin. Kemudian panaskan mesin lagi setelah dicampurkan atau langsung bisa dijalankan.

Ada 4 varian yang tersedia, yaitu Nano E-S untuk mesin kecil (motor) seharga Rp. 70 ribu. Nano E-G untuk mesin bensin berkapasitas 3 -5 liter oli seharga 150 ribu. Nano E-D untuk mesin diesel berkapasitas 6 – 10 liter oli seharga 175 ribu. Dan yang terakhir Nano E-B untuk mesin diesel berkapasitas oli hingga 20 liter seharga 350 ribu.
(ahm)

Leave a Reply

Your email address will not be published.