Memilih Salon Mobil

Munculnya jasa salon mobil panggilan memang menyisakan pertanyaan menyangkut kualitas layanannya. Beberapa calon konsumen mengaku gamang kala akan menggunakan jasa mereka karena bisnis ini tak serta merta dapat diketahui kualitas kerjanya.

Apalagi banyak iklan yang terdapat di sejumlah media tidak disertai alamat lengkap toko atau tempat usaha salon mobil mereka. Beberapa di antaranya bahkan hanya menampilkan nomor telepon genggam sebagai media komunikasinya.

Karena tak sedikit penjaja salon mobil yang masih ‘abstrak’ menawarkan jasanya, maka ketelitian konsumen menjadi hal utama yang wajib dijalankan sebelum memilih jasa salon panggilan. Berikut sejumlah saran yang perlu diikuti hingga dapat memperoleh layanan jasa salon mobil panggilan berkualitas prima namun dengan harga amat bersaing.

Pilih salon yang beralamat jelas
Bila belum memiliki salon langganan, maka setelah mendapatkan penawaran, pilihlah salon panggilan yang memiliki alamat jelas. Hindari salon panggilan yang hanya mencantumkan nomor telepon genggam. Sebab, dengan menawarkan melalui telepon mobile, akan sulit melacaknya bila terjadi sesuatu yang merugikan.

Salon panggilan biasanya juga memiliki tempat pengerjaan order yang sekurangnya berupa bengkel sederhana. Pilih jasa panggilan yang memiliki tempat ‘praktik’ sehingga memudahkan bila terjadi komplain akan pekerjaan mereka. Salon yang memiliki alamat jelas, kecil kemungkinan akan melakukan penipuan.

Perhatikan cara mereka menerima order
Saat menghubungi, perhatikan cara mereka menerima order dan adab kesantunan berkomunikasi melalui telepon. Mereka yang sering menerima order — berarti jasa salon panggilan tersebut banyak pelanggannya — akan lebih bagus cara berkomunikasinya dengan pelanggan. Salon yang sering mendapat order panggilan juga akan lebih berpotensi menguasai lebih banyak alamat (daerah pemukiman) calon konsumen. Maka, pilihlah salon panggilan terdekat, seperti misalnya terletak satu kawasan dengan Anda. Selain akan lebih menghemat waktu, seharusnya mereka juga akan lebih mudah mengetahui alamat Anda.

Fasilitas jasa yang diberikan
Berikutnya adalah mulai mempertanyakan soal kualitas jasa salon bersangkutan. Jasa pembersihan apa saja yang bakal diberikan. Perhatikan detail kerjaan yang bakal mereka tawarkan. Jangan lupa sekaligus menanyakan ongkos kerjanya. Soalnya kadang lain ongkos panawaran pada iklan dengan setelah mengerjakan pembersihan. Dalihnya, harga telah mengalami kenaikan.

Bandingkan dengan jasa yang diberikan salon panggilan lain. Pilih layanan pembersihan paling banyak dan detail yang mereka tawarkan. Tanyakan pula perkiraan waktu pengerjaan dan berapa jumlah teknisi yang akan membersihkan mobil. Ini penting karena berkait dengan kualitas hasil kerja pembersihan mobil Anda.

Yakinkan merek senyawa kimia yang digunakan
Baik saat memperhatikan iklan, bertelepon, maupun saat para teknisi membersihkan mobil, amati merek senyawa kimia yang mereka gunakan. Kebanyakan salon mobil besar menggunakan senyawa kimia bermerek, seperti Amway, M3, Carlack, Sglaze, dan Autoglym. Perhatikan juga saat teknisi bekerja. Apakah mereka bekerja dengan terampil atau masih sebatas coba-coba. Salon panggilan yang berpengalami akan jelas sistematika kerjanya. Maka bila mendapati mereka yang bekerja dengan profesional, tampaknya bolehlah mereka dijadikan langganan.
( bid )

One thought on “Memilih Salon Mobil”

  1. pak saya mo buka salon mobil panggilan, kira boleh ga TULISAN BAPAK yg berjudul MEMILIH SALON MOBIL sya masukan kdalam Blog saya Terimakasih kalau bapak berkenan membalas email sy

Leave a Reply

Your email address will not be published.