Memilih Asuransi Mobil yang Baik

Memilih asuransi mobil gampang-gampang susah. Asuransi terkadang hanya kita pergunakan jika sudah pernah mendapatkan manfaat dari musibah atau peristiwa yang menimpa kita yang menyebabkan kendaraan dan harta benda kita habis akibat bencana dan lain sebagainya.

Di sinilah hikmah yang kta dapatkan dari musibah atau peristiwa yang menimpa kita. Kita kemudian melirik perusahaan asuransi untuk keamanan dan kenyamanan seluruh harta benda bahkan jiwa kita juga. Seiring dengan kecenderungan meningkatnya kepadatan lalu lintas di jalan raya dan tindak kriminalitas, maka semakin meningkat pula kecenderungan terjadinya musibah yang menyangkut mobil kita, dari yang relatif ringan seperti terbentur, tergores, pencurian kaca spion, sampai yang berat seperti tabrakan, pencurian kendaraan bermotor bahkan perampokan.

Untuk memenuhi kebutuhan rasa aman, Anda dapat memilih produk asuransi mobil yang dapat memberikan perlindungan terhadap risiko-risiko yang mungkin dapat terjadi pada mobil Anda. Banyak perusahaan asuransi mengklaim mereka adalah yang terbaik. Ini bisa dilihat kalau ada produk asuransi yang ditawarkan kepada masyarakat lewat iklan-iklan, nyaris tidak ada yang kurang. Demikian pula dengan promosi kinerja yang mereka lakukan, selalu menonjolkan yang baik-baik saja. Karena itu, ada beberapa faktor yang seharusnya dipertimbangkan dalam proses memilih suatu perusahaan asuransi terutama untuk asuransi jiwa dan kerugian.

Hal yang perlu diingat dalam memilih perusahaan asuransi secara umum ada tiga faktor. Pertama, kekuatan keuangan (security). Kedua, jasa (service). Dan ketiga, biaya. Masalah kekuatan keuangan asuransi menyangkut kemampuan keuangan perusahaan tersebut untuk memenuhi janjinya saat konsumen membutuhkann. Hal ini penting diketahui, karena tidak sedikit perusahaan asuransi yang tampak di luarnya mentereng. Misalnya gedungnya bertingkat, kendaraan direksinya bagus-bagus. Tetapi tatkala terjadi klaim dari nasabah, perusahaan tersebut tidak mampu membayar.

Jasa (service) merupakan cermin sejauh mana sumber daya manusia di perusahaan tersebut berkualitas atau tidak. Apalagi, perusahaan asuransi menjual jasa, maka layanan prima merupakan kunci utama. Misalnya, sejauh mana kecepatan pelayanan baik dalam menerbitkan polis apalagi dalam pembayaran santunan atau klaim. Selain itu, soal pelayanan sebenarnya bisa dirasakan sendiri oleh nasabah. Apakah perusahaan asuransi ini sudah betul-betul memberikan pelayanan terbaik buat nasabahnya.

Masalah biaya adalah seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi dalam operasionalnya. Kalau lebih besar biaya dibanding pemasukan, maka jelas perusahaan tersebut tidak efisien. Kalau sudah tidak efisien, maka ujung-ujungnya akan mengalami kerugian. Dan kalau terus-menerus rugi, pasti tidak sehat.

Selain itu, maka yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi kendaraan bermotor adalah:
* Tentukan jenis perlindungan asuransi yang diinginkan. Perlindungan secara menyeluruh (all risk) memberi proteksi yang paling baik, tapi Anda perlu memperhitungkan sisi ekonomisnya. Kerugian atau kerusakan pada kendaraan bermotor disebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan. Kebakaran, biaya derek, pencurian, termasuk pencurian yang didahului/disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman dan jaminan tambahan.
* Jangan hanya terpaku pada besar kecilnya premi yang harus dibayar. Lihat kredibilitas perusahaan tersebut, terutama dari segi pelayanan, penanganan klaim dan kemampuan keuangannya.
* Banyak perusahaan asuransi yang kredibel dan bonafid, walau tanpa dukungan perusahaan re-asuransi. Namun tak ada salahnya mencari tahu track record perusahaan re-asuransi (bila ada).
* Apakah perusahaan itu memberi benefit tambahan, seperti pelayanan klaim 24 jam, derek gratis, mobil pengganti, jaminan proses klaim 24 jam, dll?
* Ada baiknya Anda melihat jaringan bengkel rekanan perusahaan itu. Berapa jumlahnya, di mana lokasinya dan bagaimana kualitas bengkel-bengkel tersebut.
* Pahami betul apasaja hak dan kewajiban Anda. Apa yang boleh Anda lakukan dan apa yang tidak. Apakah ada pengecualian dalam kontrak polis, apa untung ruginya bagi Anda?
* Jangan sampai tertipu dengan tawaran-tawaran yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Kenali sebelum mengambil keputusan, dan pilihlah asuransi yang sehat.
( sya/dari berbagai sumber )

Leave a Reply

Your email address will not be published.