Kualifikasi GP Italia

Kejutan, Vettel Rebut Pole

Monza – Kejutan terjadi GP Italia. Pembalap Toro Rosso Sebastian Vettel menjadi yang tercepat dan sukses merebut pole position.

Hujan dan trek yang basah rupanya telah membuat hasil sesi kualifikasi ini di luar dugaan. Vettel secara mengejutkan mencatat waktu tercepat yaitu 1 menit dan 37,555 dan sekaligus memastikan posisi terdepan pada balapan besok.

Bukan hanya itu, pembalap asal Jerman kelahiran 3 Juli 1987 ini juga mencata rekor sebagai pembalap termuda yang sukses merebut pole. Ini tampaknya menjadi hari yang manis bagi tim Toro Rosso Ferrari ini.

Sementara Heikki Kovalainen dan Mark Webber harus puas berada di posisi kedua dan ketiga. Pembalap Toro Rosso lainnya, Sebastien Bourdais juga menuai hasil yang baik setelah memastikan berada di posisi keempat.

Sedangkan Nico Rosberg di posisi kelima. Pembalap Williams berhasil unggul dari pembalap Ferrari Felipe Massa yang harus puas berada di posisi keenam pada sesi kualifikasi.

Meski demikian, posisi Massa masih lebih baik dibanding Kimi Raikkonen yang akan melakukan start dari posisi ke-14. Sementara Lewis Hamilton juga menuai hasil buruk setelah berada di posisi ke-15.

Sejak awa para pembalap mendapatkan kesulitan menghadapi trek Monza yang masih basah ini. Heidfeld sempat melintir di Q1 namun masih dapat kembali melanjutkan sesi ini.

Lewis Hamilton sempat memimpin namun akhirnya waktu tercepat direbut Heikki Kovalainen. Akhirnya di sesi Q1 pertama ini Rubens Barrichello, Nelson Piquet, Kazuki Nakajima, Jenson Button, Adrian Sutil terlempar dari 15 besar.

Memasuki sesi Q2, para pembalap masih terganggu dengan trek yang licin dan basah. Pembalap Toro Rosso Sebastian Vettel membuat kejutan dengan memimpin sesi ini dengan mengalahkan Kovalainen hingga sesi 15 menit selesai.

Sementara Hamilton sempat terpelintir namun dapat kembali mengendalikan kembali mobilnya. Begitu juga dengan Raikkonen dan Kubica yang juga sempat tidak dapat mengendalikan mobilnya dengan baik di trek basah.

Akhirnya Kubica, Fisichella, Coulthard, Raikkonen dan Hamilton telah memastikan posisinya di luar sepuluh besar. Pada sesi Q3 hujan rintik-rintik kembali membasahi Monza. Kali ini Timo Glock yang sempat hilang kendali.

Sedangkan Vettel masih tetap konsisten dengan penampilannya dan masih tetap memimpin hingga sesi ini berakhir. Sedangkan Kovalainen gagal mempefbaiki catatan waktunya hingga sesi ini berakhir.

Posisi di GP Italia :

1 Sebastian Vettel Toro Rosso
2 Heikki Kovalainen McLaren
3 Mark Webber Red Bull
4 Sebastien Bourdais Toro Rosso
5 Nico Rosberg Williams
6 Felipe Massa Ferrari
7 Jarno Trulli Toyota
8 Fernando Alonso Renault
9 Timo Glock Toyota
10 Nick Heidfeld BMW
11 Robert Kubica BMW
12 Giancarlo Fisichella Force India
13 David Coulthard Red Bull
14 Kimi Räikkönen Ferrari
15 Lewis Hamilton McLaren
16 Rubens Barrichello Honda
17 Nelson Piquet Renault
18 Kazuki Nakajima Williams
19 Jenson Button Honda
20 Adrian Sutil Force India

Leave a Reply

Your email address will not be published.