BMW Siapkan Mobil Kota Bertenaga Listrik

LONDON – Produsen mobil premium Jerman BMW tak ingin ketinggalan dengan rival senegaranya Daimler. BMW menyiapkan mobil kota yang diklaim sangat efisien dan telah memenuhi standar emisi di Eropa dan AS.”Ini akan menjadi produk terbaru dengan tampilan yang berbeda. Dua mesin variasi sudah disiapkan untuk dipasangkan ke mobil tersebut. Satu dengan mesin konvensionalnya dan satunya lagi sepenuhnya menggunakan listrik,” ungkap Norbert Reithofer Chief Executive BMW seperti dikutip AutoCar UK

Mobil kecil ini sudah memenuhi standar regulasi yang akan diberlakukan di California pada 2012, di mana mobil listrik harus ditenagai dengan baterai yang mampu mengantarkan kendaraan menempuh jarak 320 km untuk sekali isi ulang.

Sementara varian mesin konvensional akan difokuskan di pasar Eropa, di mana konsumennya masih memilih mobil jenis mesin bakar internal namun dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Belum ada keterangan, apakah mobil ini akan dijual dengan mengusung brand BMW atau membuat brand lainnya. Namun sebelumnya pihak BMW pernah menyatakan, akan meluncurkan 4 brand mobil “hijau” yang baru.

Daimler AG lebih dulu mengembangkan mobil kota bertenaga listrik. Sebelumnya Daimler sudah menjajal 100 unit Smart listrik di London. Dalam waktu dekat 100 unit Smart dan brand Mercedes Benz juga akan diujicoba di Berlin. Mercedes juga membangun 40 fasilitas penunjang mobil listrik, yaitu stasiun pengisian ulang baterai di Berlin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.