Jangan Sekedar Test Drive

Jangan Sekedar Test DriveSebelum memutuskan membeli mobil, calon pembeli akan melakukantest drive untuk mencari tahu apakah mobil yang akan dibeli itu tepat fungsi dan sesuai keinginan. Saat melakukan test drive sebaiknya tidak sekedar masuk ke mobil, menyalakan mesin, dan menjalankan mobil. Manfaatkan waktu test drive sebaik-baiknya untuk lebih mengenal dan memahami kondisi mobil yang akan dibeli, termasuk interior, eksterior, dan handling saat dikendarai.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat test drive agar mobil yang Anda pilih sesuai kebutuhan dan keinginan:

1. Perhatikan eksterior mobil. Sesaat sebelum masuk ke dalam mobil, perhatikan bodi bagian luar. Mulai jarak bodi bagian bawah ke aspal, model bodi mobil dari lekukan bodi, panjang, lebar dan tingginya, dan lekukan di bagian pintu.

2. Amati interior mobil dengan seksama. Masuk ke dalam mobil, cek sistem keamanan dan kenyamanan yang tersedia pada mobil yang di-test drive . Cek keempukan joknya, ruang gerak kaki, kapasitas penumpang, dan kapasitas bagasinya. Dalam kondisi mobil belum dijalankan, duduklah di belakang stir dan atur posisi jok pengemudi untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat berkendara. Perhatikan juga panel instrumennya, cek suhu pendingin ruangan (AC), pandangan depan-kiri-kanan, ketersediaan kotak glove, dan dengarkan kualitas suara audio.

3. Kenali karakter mesin. Setelah menyalakan mesin, jalankan mobil perlahan-lahan terlebih dahulu, jangan terburu-buru memacu mobil dengan kencang. Ketika mobil berjalan, pahami mesinnya saat putaran rendah, putaran sedang, dan putaran tingginya. Dari semua putaran akan bisa dirasakan respon dari mesin tersebut apakah cukup responsif ataukah lambat responnya.

4. Cermati perpindahan gigi percepatannya. Transmisi yang digunakan juga menentukan kenyamanan berkendara. Apabila melakukan test drive pada bertransmisi otomatis, perhatikan perpindahan otomatisnya dari percepatannya. Apakah terasa hentakannya ataukah lembut. Kenali juga karakter otomatisnya dari up-shift dan down-shift saat sedang jalan. Jika mobil yang dicoba bertransmisi manual, yang perlu diperhatikan adalah pedal koplingnya, keras atau lembut. Perhatikan juga perpindahan masing-masing gigi, apakah berjalan mulus dan lancar.

5. Pahami handling dan suspensinya. Untuk mengetahui handling dan kinerja suspensinya sebaiknya mengendarai mobil pada jalan dengan berbagai kondisi. Coba kendarai mobil di jalan berkelok, bergelombang, tikungan, serta jalan bebas hambatan. Tujuannya untuk merasakan performa mobil di berbagai kondisi jalan, sambil merasakan kestabilan saat jalan cepat, menikung, dan saat pengereman.

Ketika melakukan test drive sebaiknya jangan lakukan sendiri. Ajaklah pasangan, rekan atau keluarga agar mereka menjadi teman diskusi sekaligus memberikan masukan tambahan dalam menentukan mobil pilihan.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.