Honda Freed Paling Mungkin Beredar di Indonesia

JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) memastikan kedatangan sebuah MPV baru ke Indonesia di tahun 2009, namun mengenai jenis apa yang akan didatangkan, masih menjadi rahasia perusahaan tersebut. Beberapa pengamat automotif memperkirakan Honda Freed-lah yang akan menjadi jagoan baru perusahaan Jepang tersebut.

Pihak PT HPM yang ditanyakan mengenai hal ini belum berani terbuka, tapi ada beberapa hal yang mensinyalir Honda Freed akan dipasarkan pula di Indonesia. “Kami memang akan mendatangkan satu lagi mobil 7-seater, tapi kami belum bisa memastikan tipe apa.” ujar Jonfis Fandy, Direktur Marketing dan After Sales HPM yang diwawancarai wartawan, Kamis (27/11/2008) di Jakarta.

Memang beberapa kabar menyebutkan ada dua varian yang paling mungkin beredar di Indonesia, Odyseey dan Freed. Tetapi sebagian masyarakat di forum-forum automotif telah memergoki Honda Freed telah parkir di di salah satu gedung milik HPM dan juga tertangkap kamera sedang beredar di jalan-jalan tol di Jakarta.

Hasil spy shoot beberapa masyarakat tersebut menimbulkan sinyalemen kuat, mobil inilah yang dimaksud Jonfis. “Kita belum tahu pasti, yang jelas tahun depan, jenisnya MPV” tambah Jonfis. Dinegara asalnya, Jepang, mobil ini sudah dijual ke publik sejak Juni lalu. Begitu pula di Thailand. Dan kita semua menegtahui, jika Thailand sudah memproduksi modil dari importir dunia, maka besar sekali kemungkinan mobil itu juga akan masuk Indonesia.

Honda Freed memiliki panjang 4.2m, lebar 1.6m dan tinggi 2.7m. Dimensi ini mirip dengan All New Jazz. Begitu pula mesin yang digunakan, serupa “adik kandungnya”, 1.5liter i-VTEC dengan daya 120hp. Dengan memakai mesin tipe ini tentu penggunaan bahan bakar dapat ditekan seminim mungkin, ini terbukti dengan konsumsi per liter bensinnya yang bisa menempuh jarak 16.4km.

Pintu penumpang belakang Freed sudah mengadopsi model sliding, seperti yang digunakan Nissan Serena atau bahkan Toyota Alpard. Selain itu diaplikasikan pula penggunaan sun roof model panoramic yang menambah kesan mewah MPV ini.

Standar keamanan tingkat tinggi juga sudah diterapkan di mobil keluarga ini. Honda memasang sistem bertajuk Honda’s Advance Compability Enginering Body, yang fungsinya meminimalisir kerusakan dan cidera terhadap pengemudi dan penumpang, apabila terjadi kecelakaan.

Untuk faktor kenyamanan, Honda sudah menggunakan suspensi MacPherson strut di depan dan H-shaped torsion beam di belakang. Suasana kabin juga cukup lega untuk digunakan penumpang menempuh perjalanan jauh.

Apabila mobil ini benar-banar diluncurkan tahun depan, maka bisa menjadi saingan berat Avanza-Xenia, Kijang Inova atau bahkan Nissan Serena. Mengingat mesin cc kecil, irit bahan bakar dan berkesan mewah yang dimiliki Freed, merupakan daya tarik masyarakat kita.
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.