Honda City Baru Aroma Accord

SUDAH banyak yang penasaran dengan wajah baru Honda City. Small sedan itu akan membuat debutnya di Eropa, tampil dalam Istanbul Motor Show, Oktober nanti. Di Indonesia, Honda City masih dalam tahap uji tipe.

Ini merupakan sebuah tahapan yang harus dilewati oleh setiap pabrikan kendaraan bermotor di Indonesia. Tentu saja, ini proses yang mungkin hanya dimiliki negara kita. Di Eropa, kendaraan baru tidak akan serumit itu untuk diperkenalkan ke masyarakat luas.

Jika sedan baru berkapasitas 1.500 cc ini dirilis, New City akan menjadi generasi keempat Honda City di Indonesia. Generasi pertama dirilis pada 1990-an dengan nama City EXI, kemudian disusul City Type Z, dan yang sekarang dijual, All New City.

Jangan penasaran, karena sebenarnya spesifikasi (meski belum detail) dan foto resminya sudah banyak beredar di internet. Sedan kompak ini sekilas sama sekali baru dengan pendahulunya. Tidak mirip City, bahkan lebih muncul aroma Accord dalam desain eksterior, terutama bagian depan.

Eksterior baru itu akan disokong dengan mesin baru pula. Mesin Honda i-VTEC akan menggantikan mesin lama. Dapur pacu berkapasitas 1.400 cc itu akan membawa Honda City melesat lebih cepat dengan efisiensi bahan bakar lebih rendah. Mesin i-VTEC baru itu sama seperti yang digunakan Honda Jazz anyar.

Koar mekanik dan petinggi Honda, mesin ini menghasilkan performa excellent, tanpa kompromi menghasilkan emisi rendah dan sangat irit bahan bakar. Mesin ini diklaim akan memberikan Honda City tenaga sebesar 100 hp, lebih banyak 17 hp dari versi sebelumnya. Ekstra power itu membantu Honda City melaju dari 0 hingga100 km/jam hanya dalam 11,8 detik untuk versi transmisi manual, lebih cepat 1,6 detik dari versi sebelumnya.

Sementara versi otomatisnya melaju 0 hingga 100 km/jam dalam 14,7 detik, catatan waktu yang lebih cepat hampir satu detik dari City generasi lawas. Transmisi manual Honda City adalah gearbox City yang sudah dimodifikasi.

Dengan teknologi carbon synchromesh, gearbox ini menjanjikan perpindahan gigi yang semakin halus. Tak hanya itu, geaarbox baru juga menghasilkan gear ratio lebih panjang. Nah, yang ini beda. Transmisi otomatisnya tidak memakai yang lama. Honda meng-install transmisi otomatis sama sekali baru untuk New City.

Transmisi otomatis ini akan di-improved dengan paddle shift, yang pertama kali digunakan dalam Honda City. Selain penampilan luar dan performa mesin, City juga punya beberapa hal baru lagi. Salah satunya adalah material bahan pengisi kabin yang sudah ditingkatkan, meski tak melupakan unsur estetika dan fungsionalitas.

Model baru ini juga menjanjikan kapasitas lebih besar. Selain kabin yang lapang, bagasi New City juga sudah diperbesar, muat lebih banyak barang. Semua itu, semakin sempurna dengan teknologi peredaman suara yang ciamik pula. Teknologi NVH pada audio menawarkan iPod connectivity dan kualitas suara lebih baik.

Semua yang baru pada bodi, interior,suspensi, mesin dan perlengkapan lainnya merupakan pembaruan yang dilakukan Honda sama seperti membangun All New Accord. Semua sedan Honda kini dipoles lagi lebih mewah, sama seperti memperlakukan sebuah premium car.

Platform New City sama persis dengan yang digunakan Honda Jazz..Meski demikian, wheel base lebih panjang membuat City sedikit berbeda dengan Jazz. Ini memberikan handling lebih baik juga space penumpang lebih lebar.

Safety? Tak masalah. New City mengadopsi ACE Body Structure (advanced compatibility engineering), untuk memberikan perlindungan lebih baik ketika terjadi benturan.
(sindo//ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.