Forester XTI, SUV Tercepat Subaru

MESIN turbocharged dari model WRX STI dan Forester dipadukan. Hasilnya lahirlah Forester XTI yang menjadi andalan Subaru di ajang Speciality Equipment Market Association (SEMA) 2008 di Las Vegas Amerika Serikat, minggu depan.

Seri kali ini merupakan SUV tercepat dari Subaru yang diklaim mampu melesat dari kecepatan 0 hingga 100 km/jam kurang dari 5 detik. Semua ini berkat racikan tim Subaru Performance Tuning (SPT) yang mengaplikasikan satu set turbocharger empat silinder. Sehingga performanya kini meningkat menjadi 315 hp.

Selain itu tim STI menyebut ubahannya kali ini sebagai “The Full STI Treatment”, yaitu sebuah pemasangan seperangkat aplikasi peningkat performa. Antara lain velg 18×8 inch yang dipadu ban Yokohama Advan Neova low profile, adjustable coil-over suspension, rem Brembo, serta Super Sport ABS. Sebenarnya racikan pada bagian kaki, membuat tampilan Forester XTI lebih nampak seperti station wagon ketimbang SUV.

Sedangkan untuk eksterior, Subaru menggunakan teknik pengecatan Athmosperic Re-Entry, dengan kombinasi warna gelap pada bagian depan hingga pilar A, kemudian berubah terang di bagian tengah hingga buritan. Selain itu, bady kit khas JDM termasuk side skirt dan spoiler juga menghiasi bodi Subaru ini.

Di bagian dalam, XTI ini menggunakan Alcantara sebagai pelapis kabinnya. Juga penerapan dashboard, konsol tengah, serta stir yang unik. Tapi sayang pihak Subaru tidak menjelaskan seperti apa desain interior mobil ini.
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.