Fiat Berjaya di Pemilihan Mobil Terbaik Eropa

PARIS – Meski baru akan diumumkan pada November mendatang, isu mengenai nominasi mobil terbaik 2009 di Eropa sudah muncul. Dua model Fiat, masuk nominasi dan berpeluang terpilih menjadi 2009 European Car of the Year (ECOTY).

Seperti diberitakan Detroit Free Press, brand Fiat, Alfa Romeo Mi.To disebut-sebut berpeluang merebut gelar 2009 ECOTY. Selain itu, brand Fiat lainnya yaitu Lancia juga disebut menempel Mi.To. Sementara Ford Fiesta menjadi satu-satunya brand luar Eropa yang masuk dalam tiga besar.

Ajang ECOTY merupakan pemilihan mobil paling bergengsi di daratan Eropa. Untuk itu, apa pun model mobil yang terpilih, akan mengangkat pamor produsennya. Kali ini, nampaknya keberuntungan akan jatuh ke Italia, negara asal brand Fiat. Info mengenai nominasi mobil terbaik santer diberitakan media automotif dunia, meski panitia ECOTY sendiri baru akan mengumumkan pemenangnya pada 17 November di Paris.

Ajang pemilihan mobil terbaik ECOTY dinilai oleh panel juri yang terdiri dari 59 anggota. Juri-juri tersebut mewakili 23 negara di Eropa. Jumlah perwakilan disesuaikan dengan industri automotif di masing-masing negara. Oleh karena itu, semakin besar industri mobil di satu negara, maka lebih banyak pula perwakilan juri yang dikirim. Prancis, Jerman, Inggris Raya, Italia, dan Spanyol merupakan negara terbanyak yang mengirimkan jurinya, yaitu masing-masing enam orang.

Mobil yang masuk dalam penilaian setidaknya dipasarkan di 5 negara Eropa. Mobil tersebut sudah dipasarkan dalam kurun waktu 12 bulan.
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.