Ferrari Unggul Tipis atas BMW dan Toyota

Tim F1 Ferrari
Tim F1 Ferrari

Testing Bahrain Masih Ketat

BAHRAIN – Tanda-tanda musim Formula 1 2009 bakal berlangsung ketat kembali terlihat dari uji coba lanjutan di Sakhir, Bahrain. Selama empat hari, Senin hingga Kamis lalu (16-19 Februari), tiga tim berlaga di sana. Hasilnya, Ferrari hanya unggul tipis atas BMW-Sauber dan Toyota.

Selama empat hari itu, ketiga tim bergantian mencatat waktu terbaik (lihat grafis). Dan selama empat hari itu pula, perbedaan waktu antara ketiga mobil baru tak pernah beda lebih dari kisaran 0,5 detik.

BMW-Sauber tercepat duluan pada hari pertama, lalu Ferrari, lalu Toyota, lalu kembali Ferrari pada hari terakhir. Felipe Massa mencatat waktu terbaik uji coba pada hari penutup, dengan catatan 1 menit dan 32,162 detik. Tapi, mobil Ferrari F60-nya hanya melaju tak sampai 0,1 detik lebih baik dari BMW F1.09 yang dikendarai Nick Heidfeld.

Tak heran, usai uji coba empat hari itu, ketiga tim menyatakan rasa puas. Meski uji coba pertama pekan lalu sempat diganggu badai pasir, empat hari terakhir latihan berlangsung mulus dan produktif.

Ketiga tim memang benar-benar memaksimalkan kesempatan. Sehari, setiap pembalap bisa melahap lebih dari 120 lap, alias sekitar dua kali jarak lomba.

Willy Rampf, direktur teknik BMW-Sauber, bilang uji coba di Bahrain ini jauh lebih produktif daripada latihan di Eropa. ”Kami bisa menjajal mobil dalam temperatur yang tidak bisa kita dapatkan di Eropa pada masa seperti ini. Uji coba ini adalah persiapan baik untuk lomba-lomba awal musim baru nanti,” paparnya.

Pihak Toyota juga optimistis, meski pada hari terakhir sempat dilanda masalah hidraulik. ”Sayang hari terakhir kami terganggu. Tapi, bagi kami, uji coba ini tetap menjadi sebuah sukses,” kata Timo Glock, pembalap Toyota.

Lomba pertama F1 2009 diselenggarakan di Melbourne, Australia, 29 Maret mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.