Berkendaraan di Kota Besar

Berkendara di kawasan perkotaan memang sering membuat pengemudi tak memikirkan masalah berkendara hingga detail. Tak jauh dari rumah dan hanya melintasi daerah perkotaan, demikian pekerti yang mendorong munculnya kesan meremehkan itu.Namun bagi situasi lalu lintas sejumlah kota besar di Indonesia, berkendara di kawasan perkotaan bisa jadi justru jauh lebih banyak memerlukan perhatian detail. Beberapa rekomendasi berikut, nampaknya dapat mengurangi resiko bermasalah saat bermobil dalam kota.

Periksa persedian bahan bakar
Kalau Anda bukan termasuk yang selalu ketat dalam penjadwalkan pembelian bahan bakar, sebaiknya selalu mengamati persediaan bahan bakar mobil bersangkutan. Jika volume bahan bakar surut hingga mencapai 1/4 tangki, lebih baik ditambah guna mengantisipasi seandainya Anda terjebak kemacetan.

Pilih SPBU yang banyak didatangi kendaraan umum. Banyak SPBU yang melakukan kecurangan meter peneranya. Sementara para pengemudi kendaraan umum lebih mampu detail memperhitungkan jumlah BBM bagi rentang rute perjalanannya. Sehingga mereka hanya mau membeli BBM di SPBU yang relatif bagus penaraan meternya.

Pasang radio yang menyiarkan info lalu lintas
Kini banyak stasiun radio yang memiliki program info lalu lintas. Simpan dalam memori radio di mobil hingga bila perlu Anda tinggal mengaktifkannya. Kebanyakan radio menyiarkan info kemacetan hingga kerusuhan pada jalur lalu lintas. Ini jelas sangat menguntungkan bagi pengemudi di kawasan kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, misalnya.

Sediakan uang receh
Siapkan uang receh mulai koin pecahan ratusan hingga lembar seribuan. Koin jelas dapat berfungsi mulai untuk memberi tips pada pak Ogah hingga pengamen kecil. Sementara uang lembar ribuan akan bermanfaat saat Anda harus membayar parkir hingga karcis tol.

Jangan mudah terpancing emosi
Sangat disarankan untuk tidak membawa barang-barang berharga atau uang dalam jumlah besar tanpa pengawalan pihak aparat kemanan. Lalu, seandainya mobil diserempet, disenggol atau dihalang-halangi motor ataupun mobil yang mencurigakan, usahakan emosi tidak terpancing. Menghadapi itu, lebih baik terus jalan sampai ke tempat aman atau tuju langsung kantor polisi, barulah berhenti. Modus operandi pura-pura menabrak lalu menodong sering digunakan oleh penjahat di kawasan rawan di banyak kota besar.
( bid/berbagai sumber )

Leave a Reply

Your email address will not be published.