Berkendara Aman Saat Hujan Menghadang

DI awal tahun 2012, curah hujan semakin tinggi dan hampir setiap hari turun hujan. Pekan lalu AstraWorld telah memberikan tips bagaimana mempersiapan kondisi mobil dalam menghadapi musim hujan. Setelah mobil siap, sekarang saatnya menyiapkan cara berkendara dari sisi pengemudi saat hujan menghadang dalam perjalanan.

Pertama, jaga jarak dengan kendaraan di depan. Jika harus mengurangi kecepatan kendaraan, lakukan secara bertahap dan jangan mengerem mendadak. Hal ini dikarenakan jalan yang terkena air hujan pertama kali akan membuat kotoran di jalan naik ke permukaan dan lebih licin saat ditapak ban.

Kedua, nyalakan wiper sesuai dengan besarnya hujan yang turun. Untuk menjaga kaca depan tetap bersih, terang, dan jarak pandang tetap maksimal, tambahkan cairan khusus pembersih kaca di tabung air wiper.

Ketiga, nyalakan lampu kecil jika hujannya tidak terlalu deras, dan nyalakan lampu besar apabila hujannya sangat deras. Menyalakan lampu penting untuk menambah jarak pandang dan membantu penglihatan pengendara lainnya. Perlu diingat, jangan menyalakan lampu hazard (tanda bahaya) saat hujan karena akan membingungkan pengendara lain di belakang mobil Anda.

Keempat, jaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Saat jalanan basah setelah diguyur hujan maka jarak pengereman bertambah jauh dibandingkan saat jalan kering. Karena itulah jarak antar kendaraan harus dijaga lebih jauh. Di sisi lain juga untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diiginkan, misalnya apabila kendaraan depannya terperosok ke lubang maka kendaraan di belakang dapat mengerem atau menghindari lubang.

Kelima, hindari jalan yang tergenang air karena kemungkinan kendaran mengalami aquaplaning (melayang di atas air) sehingga kendaraan tergelincir atau keluar jalur. Pilih jalur sebelah kanan yang biasanya lebih tinggi dibandingkan jalur sebelah kiri. Jika harus melewati jalan yang tergenang, usahakan jangan memacu kendaraan terlalu kencang agar pejalan kaki atau pengendara lain tidak terkena cipratan air.

Keenam, selalu waspada terhadap kemungkinan tumbangnya pepohonan atau benda lainnya. Terutama saat kondisi hujan disertai dengan angin yang kencang.

Demikian tips yang perlu dilakukan agar berkendara tetap aman dan nyaman walaupun di tengah guyuran hujan.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.