Agar Tak Khawatir Melewati Genangan Air

Intensitas hujan belakangan ini semakin tinggi dan mengakibatkan genangan air dibeberapa lokasi. Hal ini sebaiknya menjadi perhatian khusus bagi pengendara yang akan menerobos genangan air. Jika tidak berhati-hati, air dapat masuk ke dalam mesin dan mengakibatkan kerusakan serius di mesin serta perangkat lain. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat melewati genangan air untuk mengurangi risiko air masuk ke dalam mesin.

1. Prediksi kedalaman genangan air. Caranya dengan melihat kendaraan di depan Anda. Jika ketinggian air melebihi setengah ukuran roda kendaraan sejenis, lebih baik cari alternatif jalan lainnya.

2. Ketinggian lubang saringan udara di mesin. Tugas saringan udara adalah mengambil udara dari luar yang masuk ke mesin, dan menghasilkan hisapan yang besar. Jadi saat melewati genangan air pastikan jangan sampai ketinggian air melewati ketinggian saringan udara. Jika air masuk ke mesin dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin.

3. Jalankan kendaraan secara perlahan dan jaga rpm mesin tidak terlalu tinggi (1500 – 2500 RPM). Tujuannya agar tidak terjadi hisapan yang terlalu besar pada ujung lubang saringan udara sehingga air tidak ikut terhisap masuk ke dalam mesin. Selama mesin hidup, jangan takut air masuk dari knalpot karena adanya tekanan gas buang kendaraan.

4. Gelombang air. Waspadalah terhadap gelombang air yang diakibatkan kendaraan lain yang melintas terutama kendaraan besar dari arah berlawanan. Gelombang air dari kendaraan lain bisa saja masuk ke mesin dan merusak mobil Anda.

5. Lakukan pengeringan rem dan kopling. Setelah melewati genangan air, lakukan pengeringan rem dengan cara menginjak rem dengan kaki kiri secara perlahan dan kaki kanan tetap di posisi pedal gas sehingga kendaraan masih tetap bisa melaju perlahan. Kopling dikeringkan dengan cara menekan pedal gas sehingga rpm menunjukkan angka 3000, lalu injak – lepas pedal kopling berulang-ulang untuk menghindari kejadian kopling lengket dikemudian hari.

6. Jangan coba menstarter kembali jika kendaraan tiba-tiba mogok ketika melewati genangan. Hal ini akan merusak mesin jika ada air yang masuk kedalam silinder.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.