Agar Hemat Bahan Bakar

Bagi sebagian besar pemilik kendaraan di Indonesia, penggunaan bahan bakar yang hemat merupakan sesuatu yang penting. Menariknya, menghemat bahan bakar selain bisa mengurangi biaya konsumsi bahan bakar, ternyata juga dapat menghemat umur kendaraan. Sedangkan dari kacamata lingkungan, sedikitnya bahan bakar yang digunakan turut menekan tingkat polusi akibat gas buang kendaraan.

Berikut ini beberapa tip yang bisa Anda lakukan guna menghemat penggunaan bahan bakar pada mobil Anda. Untuk berhemat, harus dibiasakan untuk selalu menghindari kemacetan lalu lintas atau lalu lintas yang padat. Pasalnya, kemacetan yang berkepanjangan jelas akan menguras isi tangki mobil Anda.

Dalam hal berkendara, sebaiknya mulai dihindari kebiasaan menumpangkan kaki Anda di atas pedal kopling dan pedal rem. Hal ini akan menimbulkan keausan yang tidak perlu, terlalu panas (overheating), dan pemborosan bahan bakar. Sikap hemat juga harus ditunjukkan oleh kebiasaan menjaga kecepatan sedang di jalan bebas hambatan (tol), tidak perlu terlalu mengebut. Semakin tinggi kecepatan Anda, semakin besar konsumsi bahan bakar. Dengan kecepatan yang ideal (sekitar 80 km/jam) maka konsumsi bahan bakar juga akan berkurang.

Selain itu jangan sering-sering main gas. Jika terlalu sering menekan pedal gas, bahan bakar secara otomatis akan banyak keluar sehingga mengakibatkan pemborosan.

Jagalah ketepatan alignment (spooring) roda depan kendaraan Anda. Kesalahan alignment bukan hanya akan menyebabkan keausan ban lebih cepat, tetapi juga menambah beban pada mesin yang akhirnya terjadi pemborosan bahan bakar.

Hindari menabrak sisi badan jalan, dan perlambat di jalan yang rusak. Jaga agar bagian bawah kendaraan Anda bersih, bebas dari lumpur, dan lain sebagainya. Hal ini bukan hanya akan mengurangi berat kendaraan, tetapi juga dapat membantu mencegah terbentuknya karat.

Selain itu, kotornya saringan udara, kesalahan penyetelan karburator, kesalahan penyetelan katup, busi kotor, tercemarnya oli dan gemuk, salah penyetelan rem, dan lain-lainnya, selain akan menurunkan kemampuan mesin, juga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros. [L-11]

Leave a Reply

Your email address will not be published.