Mesin Takut Rusak Gara-gara Salah Isi BBM? Ini Solusinya

Isi BBMBuat Otolovers yang terlanjur salah mengisi bahan bakar minyak (BBM) dari bensin diisi solar dan sebaliknya, tidak perlu khawatir. Sebab, masih ada solusinya, mobil Anda masih bisa diselamatkan.

Lalu bagaimana cara penanganannya? Kepala sekaligus pemilik bengkel GT Motors Auto Servis, Gatot Hira Wilasa menjelaskan ada cara yang sederhana untuk mengatasi hal itu. Paling mudah dan cukup ampuh adalah mengurasi tangki atau membersihkan injektor.

“Kalau mobil berbahan bakar bensin masih bisa dibersihkan injektornya dan tangkinya dikuras hingga bersih lalu diisikan lagi bahan bakar yang sesungguhnya,” katanya saat dihubungi detikOto, Senin (18/11/2013).

Begitu juga untuk mobil berbahan bakar solar yang harus dibersihkan injektor dan tangki bahan bakar. Hanya saja proses pengerjaannya sedikit lebih rumit mobil berbahan bakar solar.

“Sebenarnya sama saja, tapi bahanya kalau solar itu ada kandungan olinya jadi perlu ketelitian dalam proses pembersihannya,” timpal pria yang akrab disapa Om GT.

“Kalau bisa tangkinya juga dikuras agar semuanya bersih seperti semula. Tapi kalau tidak dalam proses pembersihan komponen yang lain harus lebih detail, karena pada dasarnya kalau mobil diesel itu tidak boleh terkena bensin. Ron-nya terlalu tinggi,” pungkasnya.

(ady/ddn)

Sumber: Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *