Hyundai Veloster Segera Mengaspal di Indonesia?

Hyundai VelosterSetelah sukses menarik perhatian pengunjung International Indonesia Motor Show (IIMS) 2013, PT Hyundai Indonesia Mobil tampaknya tertarik memboyong Veloster ke pasar Indonesia.

Agen tunggal pemegang merek mobil Hyundai itu diketahii sudah mengajukan tanda pendaftaran tipe Veloster 1.6 transmisi otomats ke Kementerian Perindustrian pada Jumat (6/12/2013) dan kini dalam proses. Belum jelas, apakah Veloster yang didaftarkan tipe standar atau turbo.

Hatchback coupe unik Hyundai itu sempat mejeng di IIMS 2013 yang digelar pada 19—29 September di Jakarta International Expo Kemayoran, menyusul peluncurannya di Malaysia dan Thailand beberapa waktu sebelumnya.

HIM sebenarnya sudah mendaftarkan uji tipe mobil itu ke Kementerian Perindustrianpada 23 Agustus 2013. Tipe yang didaftarkan yakni Veloster 1.6 transmisi otomatis. Saat itu, Veloster didaftarkan untuk keperluan IIMS 2013 sebagai display car, belum sebagai mobil untuk dijua.

Pasar Indonesia memang terlambat. Di negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand, Veloster sudah mengaspal, bahkan hadir dalam dua tipe mesin yakni Gamma 1.6 MPI dan Gamma 1.6 T-GDI yang lebih dikenal dengan Veloster Turbo.

Varian Turbo merupakan salah satu model yang paling menarik. Model yang sudah lebih dulu dipasarkan di AS ini sudah dilengkapi mesin turbo yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 186 HP dengan torsi puncak 265 Nm pada putaran 1.500 rpm hingga 4.500 rpm.

Untuk model Hyundai yang dipasarkan di AS, tenaganya dinaikkan hingga 201 HP, tetapi punya kesamaan dengan yang dijual di Inggris. Di Thailand, Veloster Turbi dilepas seharga 1,739 juta baht atau sekitar 585 juta tanpa asuransi.

Veloster Turbo memiliki tampang berbeda dengan versi standar. Karakter sport mobil ini lebih kuat, dengan grill heksagonal lebar, bamper belakang lebih berotot dan aksesori sporty lain termasuk knalpot ganda berbentuk bulat.

Veloster memiliki desain unik karena konfigurasinya 2+1, yakni dua di sisi pengemudi dan satu di sisi sebaliknya. Biasanya, mobil coupe seperti ini agak rendah dan hanya punya dua pintu.

Tambahan pintu di sisi pengemudi untuk memudahkan penumpang masuk ke baris belakang karena mobil ini bisa mengangkut 4 orang dewasa.

Sumber: Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.