Water Fuel Car

honda1Apakah Anda termasuk orang yang kesal dengan polusi yang ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor, terutama gas buang berwarna hitam pekat yang dikeluarkan oleh bis yang kondisinya sudah terlihat tidak terawat? Atau oleh kendaraan-kendaraan lainnya yang juga menyemburkan asap dan polusi serupa ketika kendaraan itu sedang berakselerasi dan melaju? Jika ya, maka bersabarlah karena kini sudah hadir mobil yang selain canggih juga sangat ramah lingkungan karena hasil pembuangannya tidaklah berupa asap yang mengandung racun melainkan berupa air!

Mobil berbahan bakar air? Ya, Anda tidak salah membaca. Adalah Honda FCX Clarity, sebuah mobil berbahan bakar hidrogen dan motor listrik yang sudah dikembangkan oleh Honda sejak tahun 1999 lalu akhirnya mulai dipasarkan secara resmi di dealer Honda. Walaupun jumlahnya masih sangat terbatas dan baru bisa dinikmati oleh pasar Amerika (terutama Hollywood), namun mobil ramah lingkungan ini akhirnya bukan lagi merupakan mobil konsep dan sekedar mimpi. Honda sendiri terus memproduksi FCX Clarity dan diharapkan sebanyak 200 unit kendaraan akan tersedia dalam 3 tahun ke depan.

honda2Lalu bagaimana cara kerja mobil ini sebenarnya? Ada beberapa komponen penting yang terdapat pada mobil ini, yang sudah dirancang serta disempurnakan sedemikian rupa hingga tidak lagi mengorbankan ruang kabin mobil dan kenyamanan penumpang seperti yang ditemukan pada FCX generasi terdahulu. Sebutlah tangki bahan bakar yang terletak di bagian belakang mobil di bawah bagasi. Lalu ada Vertical Flow (V Flow) fuel cell stack yang bentuknya sangat kompak hingga cukup untuk diletakkan pada bagian bawah kabin di tengah jok depan. Kemudian baterai lithium-ion yang bentuknya juga cukup kecil dan muat untuk ditaruh di bawah jok belakang. Demikian juga dengan power drive unit dan motor listrik yang berada di bawah kap mesin.

Adapun fungsinya masing-masing yaitu tangki hidrogen berguna untuk menampung hidrogen sebagai bahan bakar menggantikan bahan bakar minyak yang biasa digunakan. Hidrogen yang tersedia kemudian diproses oleh V Flow fuel cell stack yang berfungsi mengubah dan menyatukan hidrogen dengan udara hingga menjadi tenaga listrik. Tenaga listrik yang sudah siap digunakan disimpan dalam baterai Lithium-ion, di mana komponen ini juga dapat menyimpan tenaga listrik kala mobil deselerasi atau melakukan pengereman, yang kemudian diatur penggunaanya oleh Power Drive Unit (PDU). Tenaga listrik yang dihasilkan inilah yang akhirnya menggerakkan motor listrik pada FCX Clarity. Dengan pembuangan yang beremisi nol tentunya, karena air merupakan hasil akhir dari seluruh proses itu tadi.

Adapun tenaga yang dihasilkan oleh proses ini boleh dibilang cukup mantap karena diklaim mampu menempuh kecepatan hingga 160km/jam. Dan konsumsi bahan bakarnya pun cukup irit, yaitu 435km per tangki atau setara dengan 3,1 liter untuk 100 km jarak tempuh jika menggunakan bahan bakar minyak.

honda3Sisi tampilannya pun tak kalah menarik. Di sisi ekterior, faktor aerodinamika sangat diperhatikan untuk mengurangi hambatan angin yang berfungsi untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Belum lagi kap mesin, kap bagasi, spakbor dan pintu yang semuanya terbuat dari alumunium yang pastinya meringankan bobot mobil. Begitu juga dengan penggunaan pelek berbahan alumunium ringan dan dilengkapi dengan fairing plastik untuk menekan turbulence udara dan meningkatkan aero dinamika. Semua ini lagi-lagi berujung pada penghematan penggunaan bahan bakar.

Di bagian kabin pun tak kalah cantik sekaligus ramah lingkungan. Bahan bio fabric yang berasal dari tumbuhan dipercaya untuk melapisi jok, menggantikan bahan polyester yang biasanya digunakan. Bio fabric ini selain dirasa lebih nyaman untuk diduduki, juga dipercaya mampu mereduksi 30% CO2 yang ditimbulkan oleh bahan polyester yang umum digunakan.

Untuk teknologi yang diusungnya pun sudah sangat canggih. Sebutlah mekanisme perpindahan transmisi yang sudah mengadopsi teknologi shift by wire. Lalu tombol start untuk mengaktifkan mobil, instrumen 3D pada bagian dasbor, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sisi hiburan juga turut diperhatikan dengan adanya aplikasi XM® Radio, radio satelit yang terintegrasi dengan mobil. Lubang jack untuk mengakses MP3/auxiliary juga sudah tersedia di bagian konsol tengah. Bahkan di bagian laci sudah tersedia pula USB Audio Interface dari pabrikan.

Yang juga menarik adalah faktor keamanan mobil ini. Berbagai fitur keselamatan tersedia di FCX Clarity. Diantaranya adalah 6 airbag yang ada di seantero kabin, sistem pengereman Electronic Brake Distribution (EBD), dilengkapi juga dengan sistem Vehicle Stability Assist™ (VSA®), bahkan Collision Mitigation Braking System™ (CMBS™), suatu sistem yang diciptakan oleh Honda sejak tahun 2003 yang fungsinya membantu mengingatkan pengendara akan adanya potensi benturan melalui peringatan dari audio dan visual serta menarik safety belt secara otomatis agar pengendara dapat mengambil tindakan guna menghindari benturan tersebut. Namun apabila benturan tidak bisa dihindarkan, sistem ini otomatis akan mengencangkan safety belt yang kendur dan melakukan pengeraman agar kecepatan kendaraan menjadi berkurang untuk meminimalisasi efek dari benturan yang terjadi.

honda4Sepertinya mobil ini benar-benar merupakan mobil ramah lingkungan sekaligus sarat teknologi terkini. Tak heran jika FCX Clarity meraih gelar World Green Car 2009 pada konferensi pers di ajang New York International Auto Show pada bulan April yang lalu. Namun harus diakui masih ada kendala yang mengganjal, yaitu infrastruktur berupa tempat pengisian bahan bakar hidrogen yang masih sangat sedikit jumlahnya. Menanggapi hal ini, Honda bekerjasama dengan Plug Power Inc., menjawabnya dengan terus mengembangkan sistem Home Energy Station (HES), suatu sistem yang dapat memproduksi hidrogen sekaligus dapat mengubahnya menjadi energi listrik dari rumah penggunanya masing-masing. Energi ini selain dapat untuk mengisi bahan bakar mobil (hidrogen), juga dapat digunakan untuk kebutuhan listrik rumah tangga penggunanya. Walaupun sistem ini masih terus disempurnakan, setidaknya hal ini sudah merupakan solusi untuk cita-cita yang mulia, yaitu bumi yang lebih segar untuk masa depan anak cucu kita nanti.

Teks: Jujuk Margono
Foto: eksklusif Honda

Sumber: Freemagz.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.