VW XL1 Concept Siap Diproduksi

Munich – Volkswagen (VW) segera mengembangkan XL1 Super Efficient Vehicle (SEV) untuk pasar otomotif Eropa. XL1 ini sedang dalam tahap pengembangan mesin dan penyempurnaan desain.

Menurut CEO Volkswagen Group, Martin Winterkorn, sebelumnya XL1 diperkenalkan dalam bentuk konsep di ajang Qatar Motor Show pada Januari lalu. Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya XL1 ini siap untuk diproduksi pada 2013 mendatang.

Seperti dilansir Autoevolution, Selasa (1/11/2011), VW XL1 ini akan masuk produksi 2013 di pabrik Dresden atau Wolfsburg. Rencananya, mobil ini akan didukung oleh motor listrik dengan hybrid powertrain 27 hp dan mesin diesel 0.8-liter dengan dua silinder yang memiliki tenaga 48 hp yang dikombinasikan menjadi 75 hp.

Lebih lanjut, mesin yang digunakan pada XL1 ini memang bukan mesin yang memiliki tenaga besar. Namun mobil ini diklaim VW irit dan ramah lingkungan serta memiliki bobot yang cukup ringan, yakni 795 kg. Hal tersebut karena mobil ini dilapisi bahan serat karbon, plastik, alumunium, keramik dan magnesium.

“Mobil kecil ini diharapkan akan menjadi alternatif bagi konsumen di Eropa. Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, mobil ini yakin akan mendapatkan respon yang cukup baik di mata konsumen Eropa pada pertengahan 2013 mendatang,” tandas Winterkorn.

Sumber: Okezone

Leave a Reply

Your email address will not be published.