Upaya Meminimalkan Bahaya

Selain mengetahui beragam potensi bahaya, adalah bijaksana untuk melengkapi diri dengan pemahaman cara-cara meminimalkan risiko. Upaya mengurangi bahaya meliputi pengamatan kondisi mobil, lingkungan, dan pengemudi sendiri. Sebelumnya telah disinggung bahwa umumnya mobil didesain sedikit US oleh produsen. Namun mobil yang terlalu US pun terkesan lamban, kurang responsif ketika berbelok.

Sebaliknya mobil yang OS cenderung membahayakan pengemudi awam. Namun akhirnya kebanyakan pabrikan mobil memilih untuk sedikit membuat US pada mobilnya.

Ada beberapa upaya koreksi yang dapat dilakukan terhadap kasus US dan OS antara lain pertama jika US dengan menambah tekanan udara ban depan. Sebaliknya untuk gejala OS dilakukan pengurangan tekanan udara ban depan. Koreksi berikutnya dengan memperlembut pegas (per) depan (untuk US) dan menambah kekerasan pegas (per) depan (untuk OS).

Sementara koreksi ketiga dengan cara mengganti ban depan yang lebih lebar, jika terjadi US. Semua upaya koreksi US bertujuan untuk menambah daya lekat ban depan. Sebaliknya mengganti ban depan yang lebih sempit jika terjadi OS.

Pengamatan lingkungan (kondisi jalan) pun amat penting. Prinsipnya, kondisi aspal kering memiliki koefisien gesek terbaik dengan ban mobil. Anda boleh berbelok agak cepat. Namun jika jalanan tertutup air (basah), genangan minyak, pasir, lumpur, apalagi es, Anda harus sedikit memperlambat kecepatan saat menikung karena koefisien gesek akan menurun dan daya lekat mobil mengecil. Mobil pun akan lebih mudah tergelincir. Jadi untuk kondisi seperti itu, Anda perlu lebih hati-hati.

Faktor terakhir adalah pengemudi sendiri. Pengemudi yang paham akan fenomena US, OS, dan lingkungan (kondisi jalan) akan lebih waspada. Dalam keadaan darurat dan kritis akan mampu melakukan hal yang semestinya diperbuat untuk meminimalkan bahaya. Pengemudi dengan jam terbang tinggi dan tenang tentu lebih mampu bertindak secara benar dan tepat dibanding pengendara pemula. Namun, sebenarnya semua berpulang pada pengendalian, kecepatan, dan kematangan mengemudi. (Berbagai Sumber/L-11)

Leave a Reply

Your email address will not be published.