Trik Aman dengan Airbag

Jakarta – Airbag didesain untuk meminimalkan risiko cedera penumpang dan pengendara saat terjadi kecelakaan. Namun jika Anda salah memahami penggunaan airbag, fitu yang seharusnya menjadi pengaman Anda malah berbalik.

Berikut tips-tips aman dengan airbag yang diperoleh dari Toyota:

1. Karena zona risiko airbag adalah 50-75 mm dari penggembungan, maka posisikan diri Anda sekitar 250 mm dari airbag. Jarak ini dikur dari pusat roda kemudi ke tulang rusuk Anda.

2. Gerakkan tempat duduk Anda ke belakang sejauh Anda masih dapat menjangkau pedal dengan nyaman. Rebahkan sedikit sandaran tempat duduk.

Jika merebahkan sandaran tempat duduk membuat Anda sulit melihat jalan, naikkan diri Anda menggunakan bantal yang keras dan tidak licin, atau naikkan tempat duduk jika kendaraan memiliki fitur tersebut

3. Jangan duduk di dekat airbag

Airbag menggembung dengan kekuatan tertentu yang telah diperhitungkan, dan dapat mengakibatkan kematian atau cedera serius terutama jika penumpang depan terlalu dekat dengan airbag.

Tempat duduk penumpang depan hendaknya sejauh mungkin dari airbag dengan menyetel sandaran, sehingga penupang dapat duduk dengan tegak.

Jangan membiarkan anak-anak berdiri di depan unit airbag

4. Jangan tempel barang di dekat airbag

Menempelkan berbagai aksesoris seperti gantungan bisa menjadi seperti proyektil peluru ketika airbag mengembang. Jangan memasang apa pun pada aera seperti pintu, kaca depan, kaca samping, pilar depan dan belakang, roof side rail dan assist grip.

5. Pernafasan

Jika pernafasan menjadi sulit setelah airbag menggembung, buka pintu dan jendela untuk memungkinkan udara segar masuk. Cuci residu apa pun sesegara mungkin untuk mencegah iritasi kulit.

( Dadan Kuswaraharja / ddn )

Sumber: detikcom

Leave a Reply

Your email address will not be published.