Toyota Tampilkan Prius Terbaru

Tokyo – Guna memperluas pasar mobil hybrid di dunia, Toyota Motor Corp., (TMC) memutuskan untuk melansir keluarga baru dari Prius yang dinamakan Prius V. Mobil dengan dua sistem penggerak ini berdimensi lebih besar dari Prius hatchback dengan karakter layaknya mobil keluarga atau MPV. Prius V untuk pertamakalinya diperlihatkan di gelaran 2011 North American International Auto Show yang berlangsung 10-23 Januri 2011.

Rencananya, TMC akan mulai memasarkan Prius V di Amerika pada musim panas 2011 atau sekitar bulan Juli. Platform yang digunakannya sama dengan Prius hatchback namun tentunya menawarkan ruang kabin yang lebih luas hingga 50%. Mesin yang digunakan tetap sama yaitu berkapasitas 1.800 cc yang dikombinasikan dengan motor listrik yang bersumber dari baterai nickel-metal hydride.

Secara detail, dimensi Prius V adalah panjang 4.615 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.575 mm. Tenaga bensinnya menghantarkan daya 98 hp pada 5.200 rpm dengan torsi 142 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan motor listrik menghasilkan tenaga 80 hp dan torsi 207 Nm. Namun karena berdimensi lebih besar dan berbobot lebih berat, konsumsi bahan bakar Prius V lebih boros dibanding versi Prius hatchback dengan angka 1:17 km/liter, sedangkan Prius hatchback 1:20 km/liter.

Untuk fitur keselamatan dan keamanan berkendara, mobil hybrid paling laku ini telah dilengkapi piranti Toyota’s Star Safety System yang terdiri dari Vehicle Stability Control, Traction Control, ABS, EBD dan Brake Assist. Sedangkan untuk menemani perjalanan, terdapat paket multimedia Toyota Entune yang mampu menyimpan lebih dari 750 stasiun radio dengan audio berkualitas dan bisa mengoperasikan fitur MP3 dan iPod.

“Toyota Prius mengalami kemajuan signifikan dan telah menjadi pilar keempat di Amerika, setelah Corolla, Camry dan model pick-up,” ujar Akio Toyoda, Presiden TMC. Sementara Chief Toyota Amerika, Bob Carter mengatakan, “Prius sudah melekat sebagai produk hybrid, seperti halnya Levi’s yang identik dengan produk jeans atau Kleenex yang terkenal dengan tissue.”. (M. Lulut)

Sumber: oto.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.