Toyota Resmi Luncurkan Passo Sette di Jepang

TOKYO – Misteri kehadiran MPV terbaru dari Toyota terkuak sudah. Saat perayaan Natal kemarin, Toyota secara resmi memperkenalkan mobil 7-seater yang diberi nama Passo Sette. Bukan tidak mungkin mobil ini pengganti Avanza di Indonesia.

Seperti halnya Avanza-Xenia dan Rush-Terios, Toyota kembali bekerja sama dengan Daihatsu dalam menggarap proyek terbaru MPV berkapasitas tujuh penumpang ini. Toyota hadir dengan Passo Sette, sedangkan versi Daihatsu diberi nama Boon Luminas.Sette dalam bahasa Italia dapat diartikan sebagai tujuh, sedangkan Luminas diambil dari kata roomy dan luminous atau berkilau (mewah). Dari kata-kata yang digunakan, Toyota dan Daihatsu sepertinya memang memfokuskan Passo dan Boon sebagai kendaraan keluarga.

Semua varian kedua kendaraan menggunakan engine yang sama, 1.5 liter 3SZ-VE. Mesin ini mampu memproduksi tenaga 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.400 rpm. Sangat mirip dengan pendahulunya, Avanza-Xenia. Namun bedanya, ada varian mobil ini yang menggunakan sistem 4WD.

Sebagai kendaraan keluarga, faktor konsumsi bahan bakar rupanya menjadi perhatian yang serius. Karena itu Toyota Passo dan Daihatsu Boon hanya membutuhkan satu liter untuk menempuh jarak 15,6 km.

Dari sisi penampilan, Passo Sette dan Boon Luminas sepintas mirip Nissan Livina. Namun interiornya mengingatkan kita pada Toyota Kijang Innova. Passo Sette hadir dengan interior yang dilengkapi monitor 7 inci yang mampu memutar cakram DVD.

Sedangkan Boon Luminas hanya menawarkan audio system yang support CD. Namun interior Boon lebih lapang dari Passo. Untuk pasar di Jepang, Toyota menawarkan harga mulai dari 1,49 juta Yen atau sekira Rp183 juta. Sedangkan Daihatsu melego lebih mahal, mulai 1,54 juta Yen atau sekira Rp189 juta.
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.