Toyota iQ Mulai Dipasarkan di Eropa

Usai meluncurkan Toyota iQ di Paris Motor Show 2008, Toyota Motor Corporation kembali memperkenalkan harga dan spesifikasi iQ. Bahkan penawaran mobil mini tersebut sudah dimulai di Inggris dan sebagian Eropa. Sedangkan pengirimannya dimulai tahun depan.

Di Inggris, iQ ditawarkan dengan harga 9,495 poundsterling untuk tipe 1.0 L lima percepatan manual. Sedangkan iQ2 dengan fitur yang lebih banyak dibandrol dengan harga lebih mahal sekira 10,945 poundsterling dan ditambah 1,000 poundsterling jika dilengkapi CVT.

Memiliki dimensi panjang tiga meter, mobil yang meraih penghargaan Good Design Award 2008 di ajang serupa dilengkapi dengan tiga buah jok yang nyaman untuk penumpang dewasa plus satu untuk anak-anak. Jok tersebut juga sudah meraih nilai lima pada tes keselamatan, Euro NCAP.

Tidak hanya itu, lebih menyenangkan bersamanya karena terdapat enam speaker CD/MP3 stereo, pengontrol suhu pendingin udara dan balutan kulit mewah di lingkar kemudi dan tuas transmisi. Dibenamkan pula sistem navigasi satelit untuk memudahkan pengendaranya dalam menentukan arah tujuan, ditambah tombol untuk menghidupkan mesin.

Di sisi eksterior mobil ini dilengkapi lampu kabut, lampu depan otomatis termasuk sistem penyeka airnya. Lampu penunjuk arah tidak hanya terdapat di depan dan belakang body namun juga terpasang pada kaca spion. Agar lebih terlihat sporty pada kaki-kaki dipasang velg berukuran 15 inch alloy.

Pada fitur keselamatan, terdapat sistem pengereman ABS dengan electronic brakforce distribution (EBD) serta brake assist, pengontrol anti slip dan sembilan buah airbags di ruang kabin. (ahm)

Leave a Reply

Your email address will not be published.