Toyota FT-86/Subaru BRZ nongol di Tokyo Motor Show

Sudah empat tahun proses berjalan, dan kini tampaknya Toyota sudah mencapai tujuannya dalam menciptakan sportscar berukuran ringkas Toyota FT-86. Secara resmi versi produksinya akan diperkenalkan di Tokyo Motor Show bulan depan. Subaru juga akan menampilkan versinya sendiri yaitu Subaru BRZ.

Keduanya akan menggunakan mesin empat silinder datar (posisi piston mendatar) yang mengirim tenaga hasil produksinya ke gardan belakang. Meskipun Subaru terkenal jago membuat mobil dengan system penggerak All-wheel Drive (AWD) namun Subaru tidak akan menyediakan pilihan tipe penggerak seperti itu untuk BRZ. Gearbox standar adalah 6-speed manual, namun disediakan pilihan yaitu 6-speed auto.

Toyota FT-86 coupe –yang akan dipasarkan sebagai Scion di AS- akan lebih murah dengan power lebih moderat. Toyota tetap menargetkan harga di sekitar $20,000 dengan power mesin dikisaran 200hp. Toyota FT-86 ditujukan untuk penggemar sportscar yang low-powered namun lebih focus pada kedinamisan mobil, konsep yang mirip dengan Corolla AE-86 orisinal yang menjadi bapak kandung filosofis. Dengan berat hanya 1100kg atau 200kg lebih ringan dari VW Scirocco. Apalagi harganya lebih murah $10,000 dari coupe kompak buatan Volkswagen itu.

Sementara Subaru BRZ akan lebih mahal di dengan mesin lebih perkasa. Namun diperkirakan tidak akan lebih dari 300hp meskipun tidak memakai perangkat turbo.

Kedua model ini saling berbagi komponen mekanis, bahkan kabarnya styling-nya juga tidak banyak berbeda. Pembedanya cuma grille dan disain wheel. Diperkirakan model ini mulai dipasarkan pertengahan 2012.

Sumber: Gatra

Leave a Reply

Your email address will not be published.