Tips Menghemat BBM

Menghemat Bensin
Menghemat Bensin

Hal terbaik untuk berpikir tentang efisiensi bahan bakar adalah sebelum Anda membeli mobil. Umumnya, mobil-mobil kecil hemat dalam penggunaan BBM. Mengingat pajak mobil ber-cc besar lebih mahal, sudah saatnya Anda memikirkan untuk memebeli mobil hemat BBM. Mobil sport merupakan jenis mobil yang boros bahan bakar, termasuk juga mobil bertransmisi otomatis lebih banyak mengkonsumsi BBM.

Hal yang terpenting adalah bagaimana membuat suatu mobil yang sudah ada di garasi kita, lebih lanjut pada setiap satu liter. Sebagai acuan, Anda dapat meningkatkan efisiensi dengan bahan bakar sebanyak 25% hanya dengan mengubah gaya mengemudi, asalkan mobil Anda bertransmisi manual.Berikut adalah apa yang Anda lakukan: Coba untuk mengubah gigi (atas) tanpa gas saat naik ke RPM yang lebih tinggi – tentu tidak lebih dari 2.5k RPM (2500 putaran per menit). Banyak orang memperlama perpindahan gigi pertama, kedua dan ketiga bahkan terkadang lebih dari itu karena mereka ingin menumpuk kecepatan. Hal ini dapat Anda lihat pada saat mobil saling mendahului di setiap jalur, namun ada harga yang harus dibayar lebih yaitu  borosnya bensin.

Selama Anda mengubah cara pergantian gigi akan memaksimalkan efisiensi bahan bakar Anda motorcar. Salah satu tip terakhir: Hindari kemacatan dan penggunan kopling terlalu banyak. Dengan kata lain, berkendara di kota besar merupakan potensi borosnya bahan bakar Anda. (Eri Jauhari – pusat-mobil.net)

Leave a Reply

Your email address will not be published.