Tips Memilih Mobil Baru

Membeli mobil baru jangan asal beli. Salah-salah, bisa rugi besar. Selain mendengar, mencermati dan meneliti secara langsung jenis mobil yang kita inginkan, kita juga perlu mencari gambaran, opini dan wacana dari teman dekat, saudara, tetangga ataupun orang lain yang sudah lebih dulu memilikinya. Saat mencari mobil baru, banyak faktor yang harus menjadi pertimbangan kita. Faktor utama adalah kualitas, suku cadang dan harga. Ketiga faktor ini, sangat mempengaruhi keberadaan sebuah mobil baru. Idealnya memang kita mengharapkan mendapatkan mobil baru yang memiliki kualitas tinggi, suku cadang tersedia dimana-mana dan harganya tidak terlalu mahal.

Tetapi mungkinkah mendapatkan mobil ideal seperti itu? Tidak gampang memang. Kadang, ada yang menjual mobil dengan kualitas yang bagus, tetapi keberadaan suku cadangnya susah didapatkan. Ada suku cadang, terkadang harganya terlampu tinggi dan tidak sesuai dengan kualitasnya. Gampang-gampang susah, untuk mendapatkan mobil seperti itu. Untuk mendapatkan mobil baru yang sesuai keinginan dan kualitasnya terjamin, ada beberapa hal yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan.


Belilah mobil pada agen resmi.

Jika kita membeli mobil baru pada agen resmi, maka setidaknya kita akan degan mudah melakukan komplain jika terdapat masalah dengan kendaraan atau mobil baru yang telah kita. Jika kita membeli pada salah satu ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) yang memang memiliki hubungan dengan ‘induknya’, maka kita akan mudah melakukan komplain apabila ada masalah.

Pilihlah mobil yang suku cadangnya mudah didapat.
Banyak mobil yang dijual di pasar tidak dilengkapi dengan spare-parts (suku cadang). Kalau kita membeli mobil yang seperti ini, jika di kemudian hari terdapat masalah, kita akan menghadapi kesulitan. Masalah ini harus diperhatikan betul oleh calon pembeli. Sebab, sekali melangkah, tanpa mempertimbangkan keberadaan suku cadangnya, maka kesulitannya akan panjang.

Jangan mudah tergiur dengan berbagai tawaran.
Banyak produsen yang menawarkan berbagai macam kelebihan dan keunggulan sebuah produk. Namun, kita sebagai calon pembeli, hendaknya jangan mudah tergiur dengan berbagai tawaran tersebut. Pertimbangkan keuntungan dan kerugian yang ada di balik penawaran tersebut. Selain itu pertimbangkan pula kemudahan saat membeli kendaraan atau mobil baru tersebut. Seperti masalah garansi, service dan ketersediaan suku cadangnya.

Pilihlah produk yang unggul
Sudah selayaknya kalau kita ingin membeli sesuatu memilih keunggulan dari barang yang ditawarkan. Sebab, keunggulan dan kelebihan dari produk yang ditawarkan tentu akan menguntungkan kita. Misalnya, bahan bakar yang irit, mesinnya bandel dan suku cadangnya mudah didapatkan.

Tetapi, kita juga harus mempertimbangkan secara cermat setiap keunggulan dan kelebihan produk yang ditawarkan tersebut. Karenanya perlu pertimbangan yang matang untuk memutuskannya, baik melalui riset, meminta pendapat orang maupun yang lainnya. Tetapi, bagaimanapun informasi kepuasan masyarakat informatif mungkin bukan pengganti untuk menguji mobil yang Anda pertimbangkan secara personal.

Selain itu, periksa pula soal ongkos pemeliharaan dan perbaikan dari mobil-mobil prospektif di masa mendatang. Termasuk ongkos bahan bakar, penyetelan reguler, perbaikan kecil, dan penggantian komponen yang mungkin. Pada poin ini, bila mengikuti penjualan yang menyertakan garansi, merupakan pilihan yang cerdas. Sebagai tambahan, harus dipelajari nilai penjualan kembali dari mobil itu, seperti halnya ada beberapa mobil yang nilainya lebih baik dibandingkan yang lain meskipun sudah beberapa tahun.

Ada beberapa hal pula yang perlu diperhatikan dan ditanyakan kepada produsen pada saat kita akan membeli sebuah mobil baru. Di antaranya adalah opsi pembiayaan/ongkos. Bandingkan harga yang ada, harga stiker, tanyakan tentang suku bunga dan lain-lain. Lalu apa opsi yang cocok dengan mobil jenis tersebut, dan apakah warna tersebut sudah cocok. Kemudian berapa biaya pengirimannya dan bagaimana penampilan mobil tersebut. Yang tak kalah pentingnya adalah, bagaimana dengan garansi mobil baru yang diberikan oleh produsen otomotif tersebut dan apa kelebihan dari model mobil tersebut. Mudah-mudahan, tips ini bisa memberikan manfaat bagi anda yang ingin membeli dan memiliki mobil baru. Semoga sukses.

 ( sya )

Leave a Reply

Your email address will not be published.