Tips Memanaskan Mesin Mobil Agar Sehat

memanaskan mesinMobil yang jarang dipakai, perlu dipanasi agar tetap sehat. Bagaiman a memanaskan mesin yang baik ? Berikut tips memanaskan mobil dari Budi Waluyo, kepala Bengkel Peugeot

1. Mobil perlu dipanasi agar seluruh sistem bekerja, termasuk liquid yang berada di dalam mesin.

2. Jika mesin sehat dan normal, pemanasan mesin bisa dilakukan satu minggu sekali

3. Saat menghidupkan mesin, kondisi AC dan audio pada posisi off agar aki tidak tekor. Karena pada saat start, butuh listrik banyak yang disedot dari aki/baterai. Setelah mesin hidup, alternator akan mengisi kembali listrik secara bertahap. Jika AC dan atau audio hidup, maka jumlah listrik yang tersimpan di aki jadi lebih sedikit karena sebagian dikonsumsi kedua perangkat itu.

4. Berapa lama mesin dipanaskan? Cara paling gampang adalah memperhatikan indikator suhu mesin. Tunggu sampai suhu normal. Perhatian pula air yang menetes dari ujung knalpot. Tunggu sampai tetes terakhir. Untuk memastikan air tidak mengendap dalam sistem exhaust, tekan pedal gas sampai 2000rpm agar tercipta tekanan udara yang menyemprot air keluar. Baru mesin dimatikan lagi. Dengan metode ini, hasilnya mesin, baterai dan sistem exhaust akan terawat.(rs)

Sumber: Gatra

Leave a Reply

Your email address will not be published.