Tetap Aman Menuju Area Parkir Di Gedung Bertingkat

parkir di gedung bertingkatUntuk menyiasati area parkir yang semakin terbatas, pengelola gedung bertingkat menambahkan ruang parkir sesuai dengan lantai gedung yang tersedia. Sebagai pengemudi tak jarang kita merasa kerepotan jika harus parkir di lantai atas. Hal ini dikarenakan akses jalan menuju area parkir lantai atas yang sempit, berputar dan menanjak. Menyiasati hal tersebut, kami berikan tips mengemudi yang aman saat hendak parkir di gedung bertingkat.

– Pada mobil bertransmisi manual, gunakanlah gear terendah (posisi gear 1). Pada gear terendah, torsi yang dihasilkan besar sehingga mobil dapat melaju di jalan yang menanjak dengan mudah atau membantu fungsi pengereman saat jalan menurun. Sementara untuk mobil bertransmisi otomatis, gunakan posisi L atau 2. Berkendaralah pada kecepatan rendah diputaran mesin yang konstan.

– Saat melaju perhatikan rambu-rambu dan pembatas jalur. Hal ini karena bidang jalan biasanya sempit dan satu sisi di jalur berlawanan digunakan kendaraan lain untuk turun. Pastikan juga Anda mengikuti rambu yang telah disediakan untuk membantu mencari tempat parkir.

– Jaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Hal ini untuk mengantisipasi jika kendaraan di depan mengalami kesulitan saat menanjak dan cenderung bergerak mundur.

– Perhatikan convex mirror atau kaca cembung yang disedikan pengelola gedung untuk mengetahui posisi kendaraan lain.

– Nyalakan lampu depan mobil apabila jalur yang Anda lalui tidak cukup terang. Tujuannya agar pembatas jalan, rambu-rambu dan tikungan terlihat lebih jelas.

– Sebelum meninggalkan kendaraan pastikan semua pintu telah terkunci dan perhatikan tanda atau lokasi tempat parkir sehingga memudahkan ketika Anda kembali ke mobil.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.