Teliti Mencuci Agar Bersih dan Terawat

Bagaimana penampilan sebuah kendaraan, misalnya mobil, sangat mencerminkan bagaimana sikap dan perlakuan pemiliknya. Jika pemiliknya termasuk orang yang memperhatikan kebersihan dan keindahan maka biasanya dia akan sangat memperhatikan perawatan dan kebersihan kendaraannya. Salah satu kegiatan perawatan kendaraan yang paling mudah dilakukan oleh pemiliknya adalah mencuci mobil. Namun, jangan pernah menganggap remeh kegiatan mencuci kendaraan ini. Meskipun bisa dikatakan paling mudah, tetapi jika tidak dilakukan dengan benar tentu akan berakibat negatif bagi kendaraan Anda. Intinya, mencuci mobil dengan teliti dan benar adalah hal paling mendasar dari perawatan kendaraan. Jika kegiatan mencuci mobil ini dilakukan dengan teratur dan teliti, maka mobil tidak sekadar bersih, tetapi sangat terawat. Sehingga, meskipun mobil Anda sudah lumayan ‘berumur’ namun akan terasa sangat nyaman dikendarai. Berikut ini beberapa hal penting yang bisa dijadikan acuan bagi pemilik mobil saat mencuci.

Dari atas ke bawah
Yang perlu diingat saat membersihkan mobil adalah detail dari setiap bagian mobil. Sangat dianjurkan untuk mencuci bagian mobil secara berurutan, mulai dari bagian yang paling atas hingga yang paling bawah. Maksud dari mendahulukan bagian atas adalah untuk mencegah pengulangan pencucian. Jika bagian bawah lebih dahulu dibersihkan maka tentu akan menyebabkan bagian bawah kotor kembali ketika kita berpindah mencuci bagian atas mobil. Selain itu, kegiatan mencuci dari bagian atas dan diteruskan ke bawah akan lebih menghemat pemakaian air. Maka, ingatlah selalu untuk membersihkan bagian paling atas terlebih dahulu.

Di tempat teduh
Sempatkanlah untuk mencuci mobil Anda setiap hari. Jika rutin dibersihkan maka kegiatan mencuci ini tidak akan terasa berat. Karena dibersihkan setiap hari maka kotoran yang melekat di bodi mobil tidak terlalu tebal sehingga lebih mudah dibersihkan. Pencucian mobil ini sangat dianjurkan dilakukan di tempat teduh atau terhindar dari matahari secara langsung dan bodi mobil dalam keadaan dingin. Karena, sinar matahari ini bisa meninggalkan noda jika tidak dikeringkan (usai mencuci) dengan sempurna. Selain itu, jangan pernah menggunakan cairan pembersih yang mengandung deterjen. Karena, deterjen bisa membuat cat mobil menjadi kusam. Maka, gunakanlah shampoo khusus mobil yang banyak tersedia di pasaran. Ketika mencuci mobil, perhatikan detail mobil seperti list dan lekuk bodi. Selesai dicuci, segera keringkan dengan teliti. Jangan sampai ada bagian mobil yang menyimpan sisa-sisa air karena bisa menyebabkan kerusakan pada bodi mobil.

Membersihkan roda
Bagian berikutnya yang juga harus mendapatkan perlakuan khusus adalah keempat roda mobil. Sikatlah roda mobil dengan merata hingga kotoran-kotoran yang menempel berguguran. Sikat dan roda sebaiknya dalam keadaan basah untuk memudahkan pekerjaan. Setelah itu, bersihkan velg roda dengan menggunakan busa pembersih. Setelah disikat dan dibersihkan, guyur roda dengan air hingga bersih. Lalu, keringkan roda dan velg dengan menggunakan kain khusus. Yang pasti, bedakan antara kain untuk mengelap bodi mobil dan roda. Jika ingin tampil sempurna, semprot roda dengan busa pembersih roda yang biasa dijual di pasaran. Bisa juga disemir dengan cairan pembersih roda. Busa atau cairan pembersih roda ini akan menimbulkan efek kemilau pada roda sekaligus melunturkan sisa-sisa debu dan kotoran yang menempel di roda.

Membersihkan interior
Kegiatan membersihkan bagian dalam mobil atau interior seharusnya dilakukan setiap hari atau setiap mencuci mobil. Interior bisa dibersihkan sebelum atau sesudah mencuci bagian luar mobil. Gunakan cairan khusus pembersih interior mobil sehingga mobil terlihat lebih cemerlang. Gunakan kain halus untuk menyeka bagian-bagian penting dari interior mobil, seperti dasbor, setir, panel pintu, dan lain-lain. Penting diingat bahwa kain yang dipakai untuk membersihkan bagian dalam mobil harus dibedakan dengan bagian luar mobil.
( mag )

Leave a Reply

Your email address will not be published.