Tak sulit merawat jok

jok-mobilSecara umum, kalangan pengguna mobil dibagi menjadi dua tipe. Ada orang yang memperlakukan mobil seperti apa adanya, yakni sebagai alat yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Kelompok lainnya adalah jenis pengemudi yang memperlakukan mobil sebagai rekan atau benda kesayangannya. Ciri dari kelompok ini orangnya rajin mencuci tunggangannya, bahkan sering menyalonkan mobilnya.

Namun, jika Anda termasuk tipe kedua, tip berikut sangat berguna terutama dalam hal memelihara interior mobil pada akhir pekan. Salah satu yang patut mendapat perhatian adalah bagian jok mobil.

Sebagai penyayang kendaraan, tentu sangat tidak nyaman jika harus duduk di atas jok yang dekil. Namun, tak sembarang langkah bisa dilakukan untuk membersihkan jok. Perhatikan dulu dari jenis apa jok mobil Anda. Ada tiga macam bahan pelapis jok yaitu kain, kulit, dan vinil, masing-masingnya memerlukan penanganan berbeda.

Untuk yang berbahan dari kain, sebisa mungkin hindari atau bersihkan supaya tidak ada debu yang menempel. Kalau debunya sudah terlalu banyak, hal itu akan berpengaruh terhadap anyaman benang pada jok.

Cara mengatasinya mudah. Cukup menggunakan penyedot debu dan sesekali menggunakan lap setengah basah untuk mengangkat debu yang menempel. Jika terkena noda lemak, minyak, dan oli segera taburkan bedak tabur di atas noda lalu lap dengan kain bersih.

Penanganan berbeda

Berbeda jika tertumpa kopi, jus atau anggur cobalah untuk menyekanya dengan boraks. Bahan alkali ringan yang sering disalahgunakan sebagai pengawet bakso ini bisa berguna untuk meluruhkan noda-noda tersebut pada jok berbahan kain.

Penanganan berbeda harus dilakukan pada jok yang berbahan dasar kulit. Supaya tidak cepat bau, kaca mobil harus sedikit dibuka saat mobil diparkir di tempat yang terekspos sinar matahari.

Selain itu, oleskan cairan khusus untuk bahan kulit setiap jangka waktu tertentu guna menjaga kelembaban kulit jok. Jangan biarkan mobil Anda terlalu lama terpapar matahari, karena kondisi panas akan membuat permukaan kulit cepat kering, sehingga tampak pecah-pecah.

Sementara itu, jok berbahan vinil termasuk paling mudah saat dibersihkan. Cukup menggunakan cairan silikon saat membersihkannya untuk menjaga kelenturan dan warna bahan. Nah, cukup dengan sedikit ketekunan, bagian kabin mobil Anda bebas dari gangguan kan! (algooth.putranto@bisnis.co.id)

Algooth Putranto

Sumber: Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.