Periksa Mobil Sebelum Perjalanan (Ban)

Bagi Anda yg akan mudik lebaran, alangkah baiknya memastikan kondisi kendaraan benar-benar prima

Memeriksa kendaraan memang diperlukan secara rutin. Namun karena Anda akan melakukan perjalanan jauh, maka alangkah bijaksana jika Anda memastikan bahwa kondisi kendaraan Anda benar-benar prima. Sehingga perjalanan Anda akan tenang dan nyaman sampai di tujuan.

Ada beberapa bagian kendaraan yang harus Anda periksa. Salah satunya adalah ban. Kondisi ban perlu mendapat perhatian dalam melakukan check up kendaraan sebelum mudik. Mengingat fungsinya yang sangat vital, sedikit saja terjadi kelalaian pada ban maka nyawa penumpang menjadi taruhannya. Apa saja yang perlu mendapat perhatian silahkan simak yang berikut ini :

* Periksa apakah permukaan ban sudah gundul. Ban yang sudah gundul dan berputar tinggi karena mobil dipacu kurang membantu sistem pengereman dengan sempurna. Akibatnya mobil bisa terus meluncur meskipun pedal rem sudah diinjak. Dan apabila dilakukan pengereman mendadak, bisa jadi mobil berputar di tempat dengan tumpuan ban yang kembangannya masih bagus.

* Tekanan angin ban perlu dijaga antara 28 psi sampai dengan 32 psi untuk ban radial dengan ukuran ring 13-14 inch. Tekanan angin ban yang rendah bila digunakan pada kecepatan tinggi akan menyebabkan panas dan dapat mengakibatkan ban pecah.

* Bawalah mobil di bengkel untuk dibalance semua rodanya.

* Siapkan cadangan ban dan peralatan untuk menambal / mengganti, menambah angin ban seperti dongkrak, pompa, obeng, dll di bagasi mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.