Perbandingan All New X-Trail 2.0 CVT dan Honda CR-V 2.0 A/T

Majalah Autobild 4-17 Februari 2009, Edisi 151 mengupas secara detail perbandingan dua mobil di kelas SUV (Sport Utility Vehicle) yaitu Nissan All New X-trail 2.0 CVT dan CR-V 2.0 A/T. Beberapa aspek dinilai oleh para wartawan ketika melakukan uji pengetesan jalan kedua mobil ini, seperti kenyamanan, akselerasi, konsumsi bahan bakarnya, pengendalian, serta juga dilihat dari aspek value for moneynya.

All New Nissan X-Trail 2.0 Xtronic CVT

all-new-x-trail
All New X-Trail

Varian baru dengan nama All New X-trail 2.0 Xtronic CVT ini menggabungkan unsur ekonomis dan harga dari model 2.000 cc, dan dilengkapi dengan transmisi Xtronic CVT. Teknologi Continuously Variable Transmission mampu meningkatkan efisiensi mesin sekaligus meningkatkan performanya. Saat berada di balik kemudi, baru terasa performanya transmisi Xtronic yang pintar dan mampu membaca karakter pengemudi. Jika mobil dikemudikan secara halus, maka transmisi akan bekerja dengan halus. Bahkan begitu halusnya sampai memberi kesan mobil ini malas untuk ‘berlari’. Namun ketika diperlakukan secara agresif, transmisi mampu memberikan umpan balik setara dengan karakter tersebut. Hal ini dibuktikan dengan akselerasi 0-100 km/jam yang dapat ditempuh dalam 10,8 detik. Transmisi ini bisa bekerja lebih efisien pada kecepatan konstan. Saat jarum speedometer berada pada angka 120 km/jam, putaran mesin stabil di 2.500 rpm. Ini artinya All New X-trail nyaman untuk diajak menjelajah ke luar kota dan tetap mampu menghasilkan figur konsumsi bbm yang efisien.

Dengan penggunaan CVT, mobil terasa lebih nyaman dan senyap. Kemudinya terasa ringan dengan feedback yang minim, membuat mobil ini seakan-akan tidak sepenuhnya bersinggungan dengan jalan.

Honda CR-V 2.0 AT

Honda C-RV 2.0 AT
Honda C-RV 2.0 AT

Penggunaan transmisi otomatisnya dengan Grade Logic Control menghadirkan transfer tenaga sesuai kondisi jalan. Namun penurunan tenaga mesin cukup terasa. Teknologi transmisi Grade Logic Control yang diusung CR-V ini harus menghadapi kehebatan transmisi Xtronic CVT Nissan. Dengan kapasitas mesin sama, akselerasi 0-100 km/jam waktu yang mampu dicatat 11,81 detik. Angka ini lebih lambat 1 detik dari X-trail. Harga CR-V 2.0 A/T sudah berada diangka 322 juta (harga pada saat majalah Autobild edisi 151 terbit), ini berarti lebih mahal 36,1 juta ketimbang rivalnya.

Kesimpulan

Khusus disektor mesin, All New X-trail menawarkan performa yang lebih baik dari rivalnya. Sementara di sektor transmisi, penggunaan teknologi Xtronic CVT mampu membuat performa X-trail unggul atas CR-V. Selisih 1 detik diantara keduanya pada akselerasi 0-100 detik menjadi bukti keandalan transmisi pintar yang mampu membaca hasrat mengemudi si empunya. Sehingga dalam hal perfoma dan harga, CR-V harus mengakui keunggulan All New X-trail.

Leave a Reply

Your email address will not be published.