Perawatan Sangat Menentukan Ketahanan Accu

Perawatan accu sangat diperlukan untuk menjaga ketahanan dan kinerja accu tetap baik. Mengingat tugas accu adalah memutar mesin saat pertama kali starter, sehingga efek tidak kuat starter biasanya terjadi saat pagi hari. Oleh karena itu diperlukan perhatian yang lebih selain perawatan rutin yang kita lakukan di bengkel-bengkel resmi. Hal-hal yang perlu diperhatikan agar kondisi accu tetap baik dan maksimal usia pakainya :

1. Untuk accu basah, selalu cek kondisi air accu tetap diposisi antara lower dan upper. Tambahkan air accu botol biru (bukan accu zuur) jika jumlahnya sudah berkurang. Hal ini penting karena saat mesin hidup maka akan terjadi pengisian dari alternator ke accu yang bisa menimbulkan panas apabila air accu kurang. Saat air accu kurang maka terjadi panas di sel accu-nya dan bisa mengakibatkan melengkung. Risiko yang paling buruk, terjadi hubungan pendek di sel accu sehingga tidak bisa menyimpan arus.

2. Jaga kebersihan kutub accu dari jamur. Apabila ada jamur yang menempel di kutub accu, segera disiram dengan air panas. Setelah itu lepas kutub accu, bersihkan dengan amplas halus, kemudian pasang kembali. Berikan grease (gemuk) secukupnya di bagian luar lingkar kutub accu agar tidak mudah terjadi karat.

3. Matikan lampu-lampu, AC dan audio sebelum mematikan mesin. Lebih baik lagi jangan langsung matikan mesin setelah semua kelistrikan dipastikan sudah mati. Tujuannya agar tetap terjadi pengisian di accu sehingga saat pagi hari starter akan lebih mudah karena stok strum di accu masih banyak.

4. Apabila mobil dalam waktu lama tidak di pakai (lebih dari 1 minggu) sebaiknya melepas terminal negatif accu agar strum tidak terbuang terus-menerus. Lebih baik lagi jika mobil bisa dihidupkan setiap hari, sehingga tidak perlu melepas terminal negatif accu.

5. Jangan terlalu sering menghidupkan audio saat mesin sedang mati karena saat mesin mati tentunya tidak ada pengisian namun kelistrikan tetap terpakai.

Normalnya, usia accu rata-rata 1.5 – 2 tahun, dan dengan perawatan dan penggunaan di atas maka usia accu bisa lebih maksimal.

Sumber: Aspira

Leave a Reply

Your email address will not be published.