Perawatan Kopling Manual

SETIAP pengemudi kendaraan tentu pernah mengalami pemindahan tuas persneling yang macet, terutama pada sistem transmisi manual, seperti dialami pelanggan Emergency Roadside Assistance (ERA) Astra World.

Setiap bulan, ada saja pelanggan yang terjebak dengan masalah ini. Anehnya, kasus yang sering menimpa kendaraan sistem transmisi manual ini tidak terjadi pada saat mesin kendaraan tidak sedang dihidupkan. Masalah baru muncul ketika komponen gearbox mulai berputar, karena setelah itu tuas persneling tidak dapat dipindahkan ke posisi satu. Dipaksa pun tidak membantu, malahan dapat merusak mesin.

Menurut sejumlah teknisi, kondisi ini terjadi karena ruang gerak pedal kopling yang terlalu luas. Karenanya, perlu penyetelan ulang pada baut adjuster untuk memperkecil gerak bebas (free play) dari pedal kopling.

Pada umumnya, kopling mempunyai dua macam pergerakan. Pertama, pergerakan menggunakan kabel penerus pijakan pedal ke sistem transmisi yang ada di rumah kopling. Kedua, kopling dengan penggerak hidraulis.

Penyetelan pada mode kabel dilakukan di bawah rumah kopling yang juga sering disebut “kepala babi”. Penyetelan ini berupa pemutaran baut ke arah memperpendek gerak dari garpu pembebas yang ditahan kabel.

Pada model hidraulis, penyetelan ada di ujung pedal, pada bagian batang pendorong (push rod). Namun, masalah kesulitan pemindahan kopling ini juga ada kalanya akibat menipisnya kanvas kopling. Akibatnya, kendaraan berjalan pada putaran mesin tinggi atau kendaraan hanya berjalan pada tekanan pedal yang dalam. Jika penyebabnya kanvas, sudah tentu diperlukan penggantian dengan yang baru.

Guna mencegah berulangnya peristiwa di atas, penyetelan perlu dilakukan secara periodik pada jarak 10.000 km. Minyak kopling juga sebaiknya diganti periodik pada jarak 20.000 km. Perawatan rutin ini memang sangat penting dilakukan. Jangan sampai, kemacetan kopling ini terjadi pada saat kendaraan dipacu dengan kecepatan tinggi. (Y-5)

One thought on “Perawatan Kopling Manual”

Leave a Reply

Your email address will not be published.