Perawatan Kaca Film

Pemasangan kaca film pada mobil tentu punya alasan tertentu. Karena itu, pelapis kaca mobil ini juga perlu dirawat agar tujuan pemasangannya tidak hilang.

Biasanya pemakaian kaca film untuk menahan sinar matahari yang masuk ke dalam mobil, sehingga ruangan kendaraan tidak cepat panas, atau suhu dingin yang dihasilkan AC tidak terbuang percuma.

Perawatan pelapis kaca yang berfungsi mengurangi efek sinar matahari di antaranya dengan cara tidak menggunakan bahan pencuci kaca yang mengandung soda, seperti sabun cuci dan sampo rambut. Sebab, cairan soda pada pembersih ini akan melelehkan lapisan terluar kaca film.

Pembersihan lapisan kaca sebaiknya hanya menggunakan air hangat dan lap lembut yang terbuat dari bahan kulit atau chamois. Ini bertujuan menghindari goresan akibat debu yang melekat pada permukaan kaca.

Selain itu, karet jendela juga harus menjadi perhatian dan dibersihkan secara rutin. Karena, debu pada karet dapat menimbulkan goresan dan lama-kelamaan bisa merobek kaca film.

Kendaraan yang sering diparkir di bawah terik matahari juga dapat mempercepat kerusakan kaca film. Panas matahari yang berlebihan dapat menimbulkan gelembung pada permukaan kaca dan akhirnya juga dapat merobek kaca film.

Masalah lain yang juga perlu diperhatikan menyangkut pilihan ketebalan kaca film. Sebagai patokan, bila ketebalan pelapis ini baru mencapai 30 persen, keadaan dan isi mobil masih mudah terlihat dari luar. Jika pemasangan kaca film bertujuan untuk menghalangi pengintip yang dapat mengancam barang-barang yang ditinggal di dalam kendaraan, sebaiknya pilih ketebalan di atas 30 persen.

[berbagai sumber/Y-5]

Leave a Reply

Your email address will not be published.