Pemeriksaan Minyak Pelumas Yang Kotor

Mengapa minyak pelumas yang baru anda ganti beberapa hari yang lalu cepat menjadi kotor?

Pernahkah anda mengalami minyak pelumas yang baru anda ganti beberapa hari yang lalu cepat menjadi kotor? Padahal menurut keterangan bengkel, minyak pelumas yang anda beli berkwalitas baik. Apabila minyak pelumas yang dipakai benar-benar berkwalitas baik, maka kemungkinan penyebab kerusakan tidak terletak pada minyak pelumasnya. Lalu apa penyebabnya? Perhatikan hal-hal di bawah ini:

* Minyak pelumas juga berfungsi membersihkan permukaan dinding silinder terhadap oksida-oksida, karbon, dan kerak-kerak hasil pembakaran sehingga membawa kotoran-kotoran yang ada di dalamnya. Jadi kwalitas minyak pelumas juga menyatakan kemampuannya untuk membersihkan.
* Meskipun minyak pelumas menjadi kotor dengan cepat, tetapi minyak pelumas masih dapat dipergunakan asalkan kekentalannya tidak banyak berubah.
* Namun demikian, apabila di dalam minyak yang kotor terdapat butiran-butiran halus yang mengkilap, maka minyak pelumas harus cepat diganti. Hal tersebut menunjukkan adanya serbuk logam yang terjadi karena adanya keausan dari bantalan-bantalan, dinding silinder serta bagian-bagian mesin lainnya. Apabila minyak pelumas tersebut masih dipakai juga, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan yang lebih berat.
* Khusus pada mesin yang dalam keadaan baru, atau apabila beberapa bagian mesin diganti dengan yang baru misalnya dinding silinder, torak atau bantalan-bantalan, maka dalam keadaan seperti itu bagian-bagian tersebut masih harus menyesuaikan diri satu sama lain. Oleh karena itu akan terjadi penyesuaian sehingga minyak pelumas akan mengandung serbuk-serbuk logam. Hal inilah yang menyebabkan mengapa penggantian minyak pelumas dalam tahap-tahap awal harus dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.