Nissan GT-R Lebih Dahsyat dari Ferrari

NEW YORK – Nissan GT-R dianggap lebih baik dari sportcar lain yang pernah ada, karena itu digelari sebagai Car of The Year menurut majalah Motor Trend. Mobil ini oleh pers automotif dunia disebut sebagai generasi penerus kekuatan mesin monster Nissan yang penuh perubahan dan telah mengikuti trend sport car mancanegara.

Banyak yang menyabutlnya “Godzilla”. Menurut para juri, sebagaimana diberitakan motor trend, ketika pertama kali Nissan mempertontonkannya kehadapan publik di showroom Amerika Serikat, maka GT-R merupakan mobil sportcar yang eksotik yang pernah diproduksi massal. Ferrari dan Lamborghini belum seberapa menurut mereka.

Ketika GT-R menjalani serangkaian test, mulai dari akselerasi 0-100 km/jam, menikung, atau bahkan berhenti kembali, Nissan melakukannya dengan amat baik. Cuma butuh 3,3 detik untuk berlari sejauh 100 km/jam dari posisi berhenti. Itu artinya lebih cepat dari BMW M6, Porsche 911 GT2, Lamborghini Gallardo LP-560 serta Mercedes-Benz SLR McLaren. GT-R cuma bisa disandingkan dengan Ferrari 599 GTB Fiorano dan Corvette ZR1.

Meski demikian Nissan tetap tidak boros dalam penggunaan konsumsi bahan bakar, dan emisi gas buang yang dihasilkan pun masih dibatas ambang normal. Semua kondisi tersebut dihasilkan dari penggunaan plasma pada tiap-tiap saluran cylinder mesin V-6nya. Hal ini yang kemudian membuat dua turbocharger mampu menyemburkan 480 horsepower dengan efisiensi pemakaian bahan bakar.

Mesin V-6 itu dikombinasikan dengan dual-clutch transmisi automatic yang membuat tenaga tak terputus sejak putaran awal. Untuk menampung bobot mesin dan body kendaraan GT-R menggunakan sistem all wheel drive. Suspensinya menggunakan campuran bahan magnesium, aluminium dan carbon fiber.

Dalam pemilihan Car of The Word kali ini, Nissan GT-R bersaing dengan Acura TL, Acura TSX, Audi A4, BMW 135i, Dodge Challenger R/T, Honda Fit, Hyundai Genesis, Jaguar XF, Lincoln MKS, Mazda6, Nissan Maxima, Pontiac G8, Pontiac Vibe, Toyota Corolla, Toyota Matrix, Volkswagen Passat C.
(ton)

Leave a Reply

Your email address will not be published.