New Honda Civic Hadir Lebih Canggih dan Segar

PT. Honda Prospect Motor (HPM) di pertengahan Februari ini resmi memasarkan New Honda Civic. Menurut sejarahnya Civic telah berhasil terjual sejumlah 16 juta unit di 160 negara sejak diluncurkan pertama kali tahun 1972. Di Indonesia sendiri, Civic generasi kedelapan ini berhasil menguasai pangsa pasar di kelasnya selama tiga tahun berturut-turut (2006 – 2008) dan telah terjual hampir 100 ribu unit sejak tahun 1976.

Seperti yang dikatakan oleh President Director PT. HPM, Yukihiro Aoshima dalam rilis yang sampai ke redaksi kami, Civic merupakan salah satu bentuk komitmen Honda di dalam memberikan produk baru berkualitas yang dapat menyegarkan pasar otomotif dan menggerakan perekonomian meski kondisi pasar otomotif sedang menurun.

Secara keseluruhan desain eksterior New Civic tampil menurut karakternya yang ekstra sporty dan kini sedikit lebih segar. Hal ini terlihat melalui desain grill depan baru Hexagonal honeycomb berpadu dengan desain bumper depan berbeda. Smoke chrome headlight dan desain lampu belakang oktagonal sama dengan pendahulunya menjadi penyempurna detail sporty Civic baru. Untuk varian 2.0 liter, keamanan berkendara di malam hari menjadi lebih maksimal dengan lampu berteknologi HID (High Intensity Discharge) yang lebih terang dua kali dari lampu halogen dengan konsumsi listrik rendah. Mobil ini juga dirancang dengan desain bodi mono form dengan pilar depan yang lebih landai guna menciptakan profil mobil yang lebih rendah serta lebar untuk stabilitas.

Perubahan cukup signifikan terjadi di bagian dalam antara lain dengan hadirnya warna baru interior navy/grey untuk tipe 2.0 liter. New Civic kini juga dilengkapi dengan multi information LCD untuk melihat trip meter, odometer, fuel consumption average dan range secara digital. Selain itu, audio system premium dengan USB Port juga menjadi fitur entertainment standar untuk varian tertinggi 2.0 liter. Sedan ini juga hadir lebih futuristik melalui Multiplex Meter digital pada speedo meter dan indikator lainnya, plus self-illumination pada tachometer. Penempatan panel instrumen secara bertingkat juga memudahkan pengemudi membaca berbagai tampilan pada layar panel.

New Civic juga hadir dengan fitur-fitur canggih seperti paddle shift untuk menaikkan atau menurunkan gigi secara manual pada transmisi otomatis, sistem transmisi dengan Grade Logic Control dan Drive by Wire (DBW) untuk meminimalkan hentakan saat pergantian gigi, Tilt & Telescopic steering adjuster, serta Organ pedal mewah.

Untuk fitur keselamatan, Civic telah dilengkapi dengan Dual SRS (Suplemental Restraint System) Airbag, Pre-tensioner & Load limiter seat belt, sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist) & EBD (Electronic Brake-force Distribution), serta rangka berteknologi G-CON (G-Force Control) yang telah meraih rating 5 bintang dalam uji tabrak JNCAP (Japan New Car Assessment Program). Dan untuk varian tertinggi 2.0 liter telah dilengkapi dengan Vehicle Stability Assist (VSA) yang membuat kestabilan New Civic semakin prima.

New Honda Civic yang mengusung mesin i-VTEC (Intelligent Variable valve Timing and lift Electronic Control) dipasarkan dengan harga Rp. 324 juta untuk tipe 1.8L manual, Rp. 373 juta untuk tipe 1.8L matic dan Rp. 390 juta untuk tipe 2.0L matic.

Dengan harga lebih mahal 25 juta dari pendahulunya, mampukah New Honda Civic yang hadir dengan fitur lebih canggih melanjutkan kesuksesannya di pasar small sedan nasional? Nantikan saja perkembangannya. [RM]

New Honda Civic

Mesin 2.0L DOHC i-VTEC

Tenaga maksimum
140 PS @ 6.300 rpm (1.8L)
155 PS @ 6.000 rpm (2.0L)

Max. Torque
169 Nm @ 4.300 rpm (1.8L)
188 Nm @ 4.500 rpm (2.0L)

Brake system
Ventilated disc + ABS + EBD + BA (front)
Disc + ABS + EBD + BA (rear)

Suspension system
Independent McPherson Strut (front)
Independent Double Wishbonew/ Stabilizer (rear)

Warna Polished Metal Metallic – Alabaster Silver Metallic – Crystal Black Pearl – Sparkle Gray Pearl – Brilliant White Pearl – Bluish Silver Metallic

Sumber: Berita ATPM

Leave a Reply

Your email address will not be published.