Mobil termurah di dunia mulai dipasarkan

Tata Nano
Tata Nano

Mumbai – Produsen otomotif asal India, Tata Motors kemarin secara resmi meluncurkan mobil Nano yang diklaim sebagai mobil termurah di dunia seharga US$2.000 (sekitar Rp24 juta) per unit.

Mobil mini dengan panjang hanya 3,1 meter tersebut mengusung mesin 623 cc dan hanya menggunakan satu batang wiper depan. Mobil ini mulai hadir di ruang pamer pada April.

Karena dipatok dengan harga begitu murah, Nano hadir dengan varian sangat standar dan tidak dilengkapi dengan airbags, antilock brake, AC, radio, dan power steering. Jika konsumen ingin melengkapi Nano dengan aksesori dan komponen di atas, harus merogoh kocek tambahan.

Untuk tahap pertama, Nano hanya dipasarkan di India. Namun pada ajang pameran Jenewa Auto Show bulan ini, Tata memajang Nano Eropa yang menurut rencana diluncurkan pada 2011. Tata belum berniat untuk memasarkan Nano di Amerika Serikat.

nano-interiorVolume produksi Nano kemungkinan lebih rendah dari target semula, karena Tata harus merelokasi pabrik dari Wast Bengal ke Gujarat, akibat mendapat protes dari para petani dan pemimpin partai oposisi di negara tersebut.

Dibutuhkan waktu paling cepat setahun untuk merampungkan pembangunan pabrik di Gujarat tersebut. Sambil menunggu rampungnya pabrik, Nano akan diproduksi di pabrik lainnya dalam jumlah terbatas.

Tata belum bisa memastikan jumlah produksi kendaraan murah tersebut. Namun, para pengamat meragukan Tata mampu memproduksi lebih dari 50.000 unit pada tahun depan, jauh lebih rendah daripada rencana semula sebanyak 250.000 unit. (af)

Sumber: Bisnis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.