Mobil Sport Toyota FT-86 Lahir Akhir Tahun

Tokyo – Setelah terus menjadi pembicaraan, kelahiran mobil coupe milik Toyota, FT-86 akhirnya sedikit menemui titik terang. Kabarnya, Toyota FT-86 akan lahir pada bulan Desember 2011 ini.

Seperti dilansir Inside Line, Selasa (24/5/2011) kelahiran Toyota FT-86 ini akan dihelat di ajang Tokyo Auto Show 2011 yang akan digelar pada Desember 2011 mendatang. Tempat yang sama digunakan Toyota ketika pertama kali memperlihatkan versi konsep Toyota FT-86 di tahun 2009 silam.

Mobil yang merupakan titisan Toyota AE86 ini akan dibangun bersama dengan Subaru. Namun bila Toyota sudah akan memproduksinya di akhir tahun, Subaru kabarnya baru akan mengeluarkan mobil ini dengan emblem Subaru pada musim semi tahun depan.

Kemungkinan besar versi produksi dari mobil sport Jepang tersebut akan menggunakan mesin Boxer yang memiliki kapasitas mesin 2.0 liter.

Mesin horizontal itu dipercaya akan menampilkan teknologi Toyota D-4S technology (direct injection combined with port injection) yang diklaim mampu melahirkan tenaga yang cukup besar yakni hingga 200 bhp tapi tanpa mengurangi efisiensi kendaraan.

Lebih lanjut para pembeli FT-86 kelak akan dapat memilih pasangan transmisi untuk mesin ini. Sebab Toyota memberikan pilihan gearbox otomatis dan manual dengan enam percepatan yang akan mengirimkan putaran ke roda belakang.

Untuk performanya, mobil ini mampu berakselerasi dari diam sampai 100 km per jam hanya dalam waktu 7 detik saja. Selain itu mobil yang dibangun dari sasis monokok yang dirancang dengan baja dengan dimensi tubuh 4.235×2.570×1.270 mm (PxLxT) ini pun dapat mengebut sampai ke angka 225,3 km per jam.

Sebelumnya Toyota sudah menampilkan dua model konsep FT-86. Versi konsep kedua, yang beberapa bulan lalu ditampilkan, kabarnya merupakan wajah FT-86 produksi massal. Sebab pada mobil konsep generasi dua itu kemungkinan Toyota akan mengambil 95 persen tampilannya untuk diaplikasi ke mobil versi produksinya.

( Syubhan Akib / ddn )

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.