Mesin Tidak Kuat Di-starter

Pengendara mobil kerap kali terganggu oleh mesin yang mendadak tidak kuat di-starter. Meski sudah dicoba berulangkali yang keluar hanyalah bunyi `tek… tek` dan mesin pun tidak juga menyala. Namun tidak usah panik, karena ini adalah gelaja umum yang sering menimpa siapa pun.

Hasil penelitian Emergency Roadside Assistance (ERA) Astra World, problem tersebut memang paling sering muncul. Menurut Technical and Training Development ERA Astra World, Suwarno, rata-rata setiap bulan 30 persen dari seribu unit lebih mobil yang ditangani ERA mengalami problem ini.
Mesin yang tidak kuat starter bisa terjadi karena baterai atau aki tidak menyimpan setrum atau arus listrik. Mengapa tidak ada setrum? Biasanya, penyebab utama setrum kosong adalah kekurangan air aki. Maksudnya, jumlah atau kuantitas air aki tidak sesuai dengan yang seharusnya yaitu di antara garis low level dan upper level yang biasa tertera pada kotak aki.

Nah, bila air aki berkurang dan tidak segera ditambah, akan membuat sel-sel di dalam aki melengkung (harusnya sel-sel ini sejajar dan tegak lurus). Lengkungan sel-sel ini bisa membuat plat positif dan negatif bersentuhan, yang akhirnya membuat korsleting. Korsleting itulah yang membuat aki tidak mampu menyimpan setrum.

Sisi lain yang perlu diperiksa adalah terminal-terminal pada aki. Cek apakah terjadi korosi atau tidak. Lihat juga kabel-kabel positif dan negatif. Mungkin kendor atau longgar. Korosi dan kabel yang kendor membuat daya hantar arus listrik lemah sehingga, arus yang mengalir ke motor starter kecil dan tidak cukup kuat untuk memutar mesin.

Apabila setelah air aki diisi kembali, korosi dibersihkan serta kabel dikencangkan namun tetap tidak mau di-starter, coba lakukan `baterai jumper`, atau `dipancing`. Caranya dengan menghubungkan aki mobil yang tidak kuat starter dengan aki mobil lain. Tentunya, kapasitas aki kedua mobil itu harus sesuai. Mungkin ini agak sulit untuk dilakukan karena selain butuh mobil lain, juga perlu kabel jumper.

Khusus untuk mobil dengan persneling (transmisi) manual ada alternatif lain. Anda bisa memicu putaran mesin dengan mendorong kendaraan. Coba putar kunci kontak pada posisi `ON`. Masukkan gigi dua, lalu injak pedal kopling, kemudian doronglah mobil. Setelah mobil mencapai kecepatan putaran ban yang cukup, lepaslah pedal kopling. Mestinya, begitu pedal dilepas, mesin langsung hidup. Ini pun mungkin agak sulit karena butuh bantuan orang lain. Untuk mencegah mesin tidak kuat starter, menurut Suwarno, lakukanlah perawatan rutin terhadap aki kendaraan Anda. Seperti sudah diuraikan di atas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yakni memeriksa air aki secara periodik, memeriksa terminal-terminal aki, dan memeriksa kabel-kabel aki. [L-11]

Sumber: Suara Pembaruan Minggu

Leave a Reply

Your email address will not be published.