Mercedez-Benz C300

Agak surprise ketika saya mendapatkan tawaran untuk menguji Mercedes-Benz C300 Avantgarde. Baguslah. Rupanya teman-teman di Merc sudah mengerti kemauan jurnalis seperti saya. Meski tahu, bahwa saya bukan yang pertama ditawari menguji mobil itu, tapi nggak apa-apa. Toh, saya punya perspektif lain dalam menilai sebuah mobil.

Kenorakan saya terus berlanjut, termasuk ketika saya membawanya ke beberapa tempat keramaian di Ibukota. Lumayan, kan, ketika mobil yang saya naiki tidak diperiksa mendetail oleh satpam di salah satu hotel mewah di Jakarta. Di sisi lain, ada sensasi yang menyenangkan ketika mengujinya di jalan bebas hambatan. Angka 300 yang menunjukkan besarnya kapasitas mesin seolah menyadarkan saya kalau line up Merc cukup lengkap. Tinggal pilih sesuai selera Anda.

Pilihan mode transmisi inilah yang membuat saya sumringah. Pilih model sport, injak pedal gas, dan biarkan dia membawa Anda merasakan sensasi berkendara yang menyenangkan. Suspensinya tiba-tiba berubah keras. Paddle shift jadi mainan yang menyenangkan. Ada kegembiraan ketika melihat jarum putaran mesin, naik-turun dengan cepat. Sementara, angka 100 kpj terlewati dengan mudah. Seolah angka itu adalah kecepatan minimum yang harus saya tempuh. Puff…

Saya tetap enjoy. Karena yakin, Merc ini sudah dilengkapi seperangkat alat keamanan dan keselamatan yang paten. Sebut saja Electronic Stability Program (ESP) with Acceleration Skid Control (ASR), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), dan Avangarde Suspension. Ada pula airbags, sabuk pengaman pretensioner, dan lain-lain. Jadi, tidak ada alasan untuk mengangkat pedal gas.

Ini C300 yang saya suka. Mesinnya responsif dan nggak memalukan. Dia sangat pantas diajak gaul juga sanggup memenuhi ekspektasi orang-orang yang suka kecepatan. Dia juga cukup cerdas dengan perangkat cruise control bagi Anda yang menikmati perjalanan. That’s it! Semuanya sudah saya lakoni. Dan Merc seharga Rp709 juta (off the road) ini bisa memenuhi semuanya. Yes. Dia sangat rasional buat saya.
Fast Track:

Mercy C300 Avangarde
Harga: Rp709 juta (off the road)
Peforma: 0-100 kpj 7,2 detik, 7G-Tronic, 246 kpj
Tech: Mesin V6, 2.996 cc, 231 Ps/6.000 rpm, 300 Nm/2.500-5.000 rpm, 1.575kg, tangki 66 liter

Contact the writer at andi.wahyudi@mediasatu.com

Sumber: Area

Leave a Reply

Your email address will not be published.